Info Lowongan Kerja :
Home » » Pelatihan Kepsek/Calon Kepsek SD di Pemerintah Nias Utara Tahun 2015 Resmi Dibuka

Pelatihan Kepsek/Calon Kepsek SD di Pemerintah Nias Utara Tahun 2015 Resmi Dibuka

Written By deteksi nusantara on Jumat, 27 Maret 2015 | Jumat, Maret 27, 2015

Nias Utara,DeteksiNusantara.com - Pelatihan Kepala Sekolah/Calon Kepala Sekolah Dasar di Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara dilaksanakan di Hotel Charlita Kota Gunungsitoli pada hari senin 23 Maret 2015 terlaksana dengan baik.

Pada pembukaan kegiatan Pelatihan Kepala Sekolah/Calon Kepala Sekolah Dasar tersebut di Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara turut dihadiri oleh Bupati Nias Utara, Widyaiswara dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Utara, para Asisten, Kepala SKPD dan para Camat se- Kabupaten Nias Utara.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabuapten Nias Utara Foera'era Zega, SE, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan Pelatihan Kepala Sekolah/Calon Kepala Sekolah Dasar di Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Keputusan Bupati Nias Utara Nomor 892.3/ K /Tahun 2015 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Kepala Sekolah/Calon Kepala Sekolah Dasar di Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2015.

Pada laporan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Utara tersebut, Pelatihan Kepala Sekolah/Calon Kepala Sekolah Dasar di Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara dilaksanakan selama 8 (delapan) hari mulai tanggal 23 s/d 31 Maret 2015 dengan jumlah peserta 40 (empat puluh) orang, dengan tujuan untuk mendapatkan kepala sekolah yang berkualitas, berkompetensi, bersosial yang baik, serta mampu mengelola dan mengembangkan sekolah secara optimal dan yang lebih penting bagaimana menumbuh kembangkan mulai keteladanan dan integritas yang tinggi, " ujarnya.

Bupati Nias Utara Edward Zega dalam arahannya menyampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, ditegaskan bahwa guru adalah pendidikan profesional sehingga dituntut mampu melaksanakan tugas pembelajaran dan bimbingan dengan baik, juga harus mampu melaksanakan tugas pengembangan profesi. Apabila guru yang diberi beban menjadi Kepala Sekolah memiliki kemampuan yang baik dalam menjalankan tugasnya, maka akan menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

" Salah satu faktor utama yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah adalah kemampuan Kepala Sekolah dalam mengelolah sumber daya dengan maksimal, " jelas Edward Zega.

Dalam kondisi patronase birokrasi di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Nias Utara pada khususnya integritas itu sangat mudah ditegakkan, kuncinya pada pimpinan yang memiliki integritas itu (kejujuran, mutu, sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki kemampuan yang memancarkan kewibawaan) sedangkan integritas nasional adalah wujud keutuhan prinsip maral dan etika bangsa dalam berkehidupan bernegara.

" Dengan kehadiran Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN (Aparatus Sipil Negara) kita banyak dituntut untuk tertata baik dan diharapkan agar para Kepala Sekolah dan Calon Kepala Sekolah memiliki komitmen yang kuat dalam hal pendekatan struktur sehingga apa yang dikatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Kinerja Pegawai secara individual dalam Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil, maka setiap pegawai harus membuat dan menandatangani Sasaran Kerja dimaksud dan sebagai unjuk tombak di sekolah-sekolah adalah para Kepala Sekolah untuk menindaklanjuti kepada para jajarannya, " kata Bupati Nias Utara.

Bupati Nias Utara mengharapkan melalui kegiatan ini dapat memperoleh Calon Kepala Sekolah yang berkualitas dalam melaksanakan tugas-tugas profesi guru disamping Kepala Sekolah sehingga dapat membawa kemajuan pendidikan di sekolah-sekolah khususnya dan Kabupaten Nias Utara pada umumnya terutama di tingkat pendidikan dasar maupun pendidikan menengah dengan tujuan agar mampu melaksanakan tugasnya sebagai pendidik yang handal di sekolah, " harap Bupati Nias Utara kepada Kepsek yang terpilih. Maka Bupati Nias Utara menyatakan bahwa Pelatihan Fungsional Kepala Sekolah/Calon Kepala Sekolah Dasar Tahun 2015 membuka secara resmi, " ujarnya. (K. Zega)