Info Lowongan Kerja :
Home » » Anggota DPRD Sumut Darwin Lubis Laksanakan Reses Sosialisasikan Program Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan

Anggota DPRD Sumut Darwin Lubis Laksanakan Reses Sosialisasikan Program Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan

Written By deteksi nusantara on Selasa, 08 Maret 2016 | Selasa, Maret 08, 2016

Medan,DeteksiNusantara.com - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Darwin Lubis mengemukakan, reses adalah kewajiban wakil rakyat secara konstitusional yang bertujuan menyerap aspirasi ataupun mensosialisasikan program pelaksanaan kegiatan pembangunan dan aktivitas anggota DPRD.

Dihadapan warga Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Anggota DPRD Sumut Fraksi Partai Hanura ini menyebutkan, pihaknya melaksanakan reses selama lima hari, 3 - 8 Maret 2016, khusus Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara 2.

Dijelaskan Darwin Lubis, pelaksanaan reses sebenarnya merupakan kewajiban bagi Pimpinan dan Anggota DPRD dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala untuk bertemu konstituen di daerah pemilihan masing-masing untuk meningkatkan kualitas, produktivitas dan kinerja DPRD demi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat, serta mewujudkan peran DPRD dalam mengembangkan check and balances antara DPRD dan Pemerintah Daerah.

"Reses ini adalah kegiatan yang efektif untuk menemui dan menyerap aspirasi dari masyarakat oleh anggota dewan," ungkap Anggota Komisi D DPRD Sumut ini.

Karena itu, Darwin Lubis berharap masyarakat benar-benar memanfaatkan kegiatan reses anggota dewan, guna menyampaikan aspirasi terkait proses pembangunan di wilayah masing-masing, sehingga apa yang menjadi masukan ataupun keluhan dan keinginan warga terhadap daerahnya dapat diperjuangkan anggota dewan kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Setelah menjelaskan maksud dan tujuan reses, dilanjutkan dialog bersama warga Kelurahan Nelayan Indah. Dalam dialog tersebut, terdapat tiga orang, masing-masing Syahrial Effendi, Wiwik Hartati dan Sofia menyampaikan aspirasi kepada Darwin Lubis, diantaranya persoalan banjir di Lingkungan 8 yang disebabkan ketiadaan drainase.

Selain itu juga dikemukakan soal adanya bantuan pemerintah yang kurang tepat sasaran dan tidak sampai kepada warga. Misalnya, ada warga terus menerus mendapatkan bantuan dari pemerintah, sementara masih ada warga lainnya sama sekali tidak menerima bantuan tersebut.

Seorang ibu bernama Sofia sangat berharap supaya Partai Hanura Sumatera Utara dapat merekomendasikan kepada Fraksi Hanura DPRD Kota Medan, dapat memperjuangkan adanya pembangunan MCK di Lingkungan 8, Kelurahan Nelayan Indah.

Menanggapi keluhan dan aspirasi dari warga, Darwin Lubis menuturkan, pihaknya akan berupaya dapat merealisasikan apa yang menjadi keinginan masyarakat.

"Dalam waktu dekat, sesuai rencana pada 8 Maret 2016, anggota dewan dari Dapil Sumatera Utara 1 dan 2 akan bertemu dengan Walikota Medan, saya akan menyampaikan aspirasi warga secara langsung kepada Walikota Medan," ucapnya dihadapan warga, yang disambut tepuk tangan.

Terkait permintaan Sofia, kata pengurus Hanura Sumut ini, pihaknya akan meminta Fraksi Hanura DPRD Medan dapat memperjuangkan permintaan warga yang menginginkan adanya pembangunan MCK di daerah ini.

Atas jawaban wakil rakyat dari Partai Hanura tersebut, mewakili warga, Syahrial Effendi mengucapkan terima kasih, dan kemudian memimpin doa bersama, semoga apa yang menjadi keinginan warga dapat terwujud. (Red/BS)