Info Lowongan Kerja :
Home » » Budaya Pakpak Bharat Masih Perlu Dikembangkan dan Dipertahankan 

Budaya Pakpak Bharat Masih Perlu Dikembangkan dan Dipertahankan 

Written By deteksi nusantara on Rabu, 04 Mei 2016 | Rabu, Mei 04, 2016

Medan, DeteksiNusantara.com - Budaya Suku Pakpak Bharat masih perlu dikembangkan dan dipertahankan  karena dapat  menghibur dan memberikan masukan bagi bangsa kita seperti di acara Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2016 lalu,

Hal ini disampaikan Ketua Umum Perempuan Pakpak Bharat Indonesia Nursina Br Cibro (Purba) didampingi Bungaran Bintang di Medan, Selasa (3/5/2016), Nursina menuturkan dibawah kepemimpinan Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu seperti dalam acara budaya nikah, pesta ulang tahun marga atau lainnya selalu meriah dan sangat menghibur dihadiri ribuan pengunjung dari daerah dan perantau  disaksikan dalam pagelaran seni drama tari (Sendra tari) yang dimainkan para remaja Pakpak Bharat untuk memperunjukkan budaya bangsa kita ini yang layak jual baik untuk turis domestik dan manca negara. Pakpak Bharat  terdapat di Sumatera Utara, yakni di Dairi, Perbatasan dengan Aceh, Parlilitan dan Pakpak Bharat Tak banyak orang Indonesia yang mengenalnya.

Bukan karena suku ini tidak terkenal, tapi karena suku ini adalah suku yang terabaikan bahkan oleh pemiliknya sendiri. Beberapa sumber mengindikasikan bahwa suku Pakpak adalah suku tertua dari clan Batak, tuturnya.

Ditambahkan Nursina bahwa Pakpak Bharat dalam kondisi bagus, namun ke depan masih harus ditingkatkan lagi, saya yakin  Bupati kerja keras berkomitmen untuk membawa Pakpak Bharat menjadi kabupaten terbaik di Indonesia dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), 
Di bidang kesehatan, berupaya untuk mewujudkan Pakpak Bharat sehat, dan sepakat dengan generasi unggul diawali dari bayi yang sehat sejak dalam kandungan ibunya. Oleh karena itu Bupati pasti akan berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Dibidang pendidikan, Remigo Yolando Berutu memiliki keprihatinan tersendiri tutrut membantu biaya pendidikan anak SD-Mahasiswa sudah sesuai sistem pendidikan di Pakpak Bharat  sudah semakin baik. Sekolah-sekolah telah mampu mencetak lulusan yang unggul meskipun dengan input siswa yang lebih rendah dari sekolah-sekolah di Pakpak Bharat, Ke depan, Remigo Yolando Berutu melanjutkan program pemerataan kualitas pendidikan serta membangun pendidikan yang berkarakter yakni pendidikan yang membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang beriman, takwa, cerdas, dan trampil, maka Remigo Yolando Berutu disebut dalam bahasa Pakpak "Paskalon" artinya pas sekali, imbuh Nursina Br Cibro. (Nurlinche Hutabarat)