Info Lowongan Kerja :
Home » » Cilegon Berguru SOP dan Anjab Dengan Pemko Medan

Cilegon Berguru SOP dan Anjab Dengan Pemko Medan

Written By deteksi nusantara on Jumat, 27 Mei 2016 | Jumat, Mei 27, 2016

Medan,DeteksiNusantara.com - Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Staf Ahli  Wali Kota Bidang Pemerintahan, Ristanto SH SPN merima  kunjugan kerja (kunker) Pemko Cilegon di Balai Kota Medan, Kamis (26/5). Selain meningkatkan tali silaturahmi, kunker ini dilakukan dalam rangka ingin belajar terkait bidang organisasi, penerapan standar operasional prosedur (SOP) terkait analisis jabatan (anjab) maupun analisis beban kerja (ABK).

Rombongan Pemko Cilegon ini dipimpin Kabag Organisasi Setdakot Cilegon, Drs Didin S Maulana. Mereka memilih Kota Medan sebagai tempat kunker karena ibukota Provinsi Sumatera Utara itu telah menerapkannya sejak tahun 2011. Dengan pengalaman yang dimiliki Pemko Medan itu, Didin ingin menyerapnya untuk selanjutnya diterapkan di Pemko Cilegon.

Dikatakan Didin, Pemko Cilegon saat ini sedang mempersiapkan pembuatan struktur organisasi maupun penerapan SOP yang terkait Anjab serta ABK. Sebab, hal itu merupakan  isu nasional yang harus diterapkan dalam ranga penerapan remunerasi. Tentunya pengalaman yang dimiliki Pemko Medan itu sangat membantu Pemko Cilegon untuk menerapkannya.

"Sejak tahun 2011, Pemko Medan sudah menerapkannya. Jadi tidak salah apabila kami menjadikan Kota Medan sebagai tempat studi banding. Kami ingin menggali informasi yang sedalam-dalamnya, sehingga Pemko Cilegon juga bis amenerapkannya," kata Didin.

Selain itu tambah Didin lagi, sebelum memutuskan memilih Kota Medan, mereka juga mendapat informasi dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara yang mengatakan bahwa Medan telah membuat SOP dengan bagus, begitu juga dengan Anjab maupun ABK. "Teman-teman dari kabupaten maupun kota lain juga menyarankan kalau ingin belajar SOP, Anjab dan ABK di Kota Medan," paparnya.

Staf Ahli  Wali Kota Bidang Pemerintahan, Ristato SH SPN sangat mengapresiasi dipilihnya Kota Medan sebagai tempat kunker Pemko Cilegon. Hal itu menunjukkan Kota Medan sudah solid dan telah melaksanana SOP, Anjab dan ABK dengan baik, sekaligus membuktikan Pemko Medan lebih baik dari Pemkab maupun Pemko lainnya di Indonesia.

"Semua ini tentunya berkat kerja keras seluruh jajaran Pemko Medan. Tugas kita semua untuk mempertahankan  dan meningkatkannya lagi. Dengan demikian Pemko Medan akan terus menjadi percontohan Pemkab maupun Pemko lainnya di Indonesia," ungkap Ristanto. (Nurlince Hutabarat)