Info Lowongan Kerja :
Home » » Langgar Roilen Ruko Dibongkar

Langgar Roilen Ruko Dibongkar

Written By deteksi nusantara on Jumat, 27 Mei 2016 | Jumat, Mei 27, 2016

Medan, DeteksiNusantara.com - Bangunan rumah toko yang tengah dalam pembangunan di Jalan H.M Yamin Gang Bidan, Kelurahan Sei Kera Hilir II, Kecamatan Medan Perjuangan dibongkar  Dinas  Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Medan, Kamis (26/5). Pembongkaran dilakukan karena bangunan  ruko berlantai  dua setengah tingkat itu  terbukti melanggar roilen lebih kurang 2 meter.

Sebelum pembongkaran dilakukan, personel Dinas TRTB  yang dipimpin Pelaksana Harian (PH) Kasi Pengawasan, Maklum Siregar sempat kesulitan memasuki bangunan. Pasalnya, keliling bangunan dipagar seng dan pintu masuk dalam kondisi digembok. Akibatnya hampir satu jam mereka menunggu penjaga bangunan datang untuk membuka pintu pagar.

Begitu penjaga bangunan datang, pintu pagar tak juga bisa dibuka.  Sebab, kunci pagar dipegang oleh mandor bangunan. Untuk membuka gembok, penjaga bangunan kemudian meminjam martil besar milik Dinas TRTB. Meski gembok sudah berulangkali hantam martil namun gembok tetap tak terbuka. Kemudian penjaga bangunan yang sudah berusia lanjut itu coba membuka beberapa seng pagar.

Namun upanya pria tua itu urung dilaksanakan, seorang pemuda datang dan membantu pria itu membuka gembok. Dengan sekali hantam martil, gembok pun putus sehingga pagar terbuka. Bersamaan itu Maklum pun memerintahkan anggotanya masuk dan memulai pembongkaran. Dinding bagian pinggir bangunan yang dkiduga akan dibangun sebanyak 5 unit itu pun dihancurkan dengan menggunakan martil dan broti.
 
Menurut PH  Kasi Pengawasan Dinas TRTB Medan, Maklum Siregar, pembongkaran dilakukan karena bagian kiri dan kanan bangunan ruko tersebut terbukti melanggar roilen lebih kurang 2 meter. "Pelanggaran roilen itu yang menjadi alasan kita melakukan pembongkaran. Apalagi  pemiliknya setelah kita surati  terkait pelanggaran yang dilakukan tidak menanggapi. Makanya kita bongkar hari ini," kata Maklum.

Usai melakukan pembongkaran, Maklum pun selanjutnya mengingatkan pemilik bangunan melalui penjaga bangunan agar bangunan ruko itu tidak melanggar roilen yang ada untuk mencegah dilakukannya pembongkaran. Untuk itu Maklum menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan. (Nurlince Hutabarat)