Info Lowongan Kerja :
Home » » Dandim 0201/BS Kolonel Inf Maulana Ridwan Pantau Kegiatan BI

Dandim 0201/BS Kolonel Inf Maulana Ridwan Pantau Kegiatan BI

Written By deteksi nusantara on Selasa, 21 Juni 2016 | Selasa, Juni 21, 2016

Medan, DeteksiNusantara.com - Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut Difi A Johansyah menuturkan jumlah penukar setiap hari berkisar mencapai 354 orang dengan jumlah nominal dan UPK baru yang ditukarkan bervariasi. Adapun pecahan yang palig banyak ditukar yakni Rp5.000 dan Rp20.000.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara menuturkan bahwa rata-rata sebanyak 354 orang setiap hari yang melakukan penukaran uang pecahan kecil (UPK) di Lapangan Benteng.

Kita melihat "Rata-rata jumlah orang menukarkan uang ke loket penukaran di Lapangan Benteng sebanyak 354 orang," ungkapnya di Medan, Senin (20/6/2016).
Adapun nominal yang ditukarkan maksimal senilai Rp3,7 juta per hari dengan rincian Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000. Saat datang ke loket penukaran, katanya, masyarakat harus datang membawa kartu tanda penduduk (KTP) lalu mengambil nomor antrian untuk mendapatkan UPK.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Operasional Bank Danamon  Sumut Simarmata menuturkan, pihaknya juga menyediakan dana untuk ditukarkan kepada masyarakat melalui loket penukaran.
Simarmata mengungkapkan masyarakat bisa menukarkan langsung ke bank setiap Selasa dan Kamis. Dia mengungkapkan saat ini nasabah lebih suka menukar uang ke bank, akan tetapi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dominan menukar UPK di Lapangan Benteng.

Selanjutnya Kepala Kas BI wilayah Sumut T Faisal, masyarakat mulai melakukan penukaran UPK pada pekan ini mengingat mulai mengalirnya tunjangan hari raya (THR).

Kita optimis penukaran uang pecahan kecil akan meningkat pada tahun ini dibanding tahun sebelumnya.
Tampak hadir Dandim 0201/BS Kolonel Inf Maulana Ridwan,SH ikut juga memantau menuturkan untuk mengamankan pelaksanaan penukaran UPK baru pihaknya telah menyiapkan personil untuk membantu pengamanan selama empat hingga sepuluh hari.

Dandim menjelaskan demi keamanan, kekondusifan dan kenyamanan pihaknya juga telah mengawasi lingkar luar Lapangan Benteng untuk menjaga keamanan masyarakat yang menukar uang usai keluar dari Lapangan Benteng.

Loket penukaran UPK baru melibatkan 11 bank yaitu Bank Mandiri, Bank Permata, BNI, Bank Sumut,BCA, Bank Mestika Dharma, Bank Mega, Maybank, Bank Danamon, Bank BRI Syariah dan Bank Syariah Mandiri (BSM) juga membuka loket khusus melayani penukaran uang baru kecil.

Untuk kebutuhan uang kartal di Sumut, BI perkirakan akan mencapai Rp4,8 triliun atau naik 14,3% dari tahun sebelumnya sebesar Rp4,2 triliun. Seluruh kebutuhan UPK tersebut dipastikan bisa disediakan BI siap melayani warga hingga nanti tanggal 1 Juli 2016 mendatang, imbuh Faisal. (Nurlince Hutabarat)