Info Lowongan Kerja :
Home » » Pentingnya Menggali Potensi Anak  

Pentingnya Menggali Potensi Anak  

Written By deteksi nusantara on Rabu, 01 Juni 2016 | Rabu, Juni 01, 2016

Medan,DeteksiNusantara.com - Ratusan anak yang berasal dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak (TK) se-Kecamatan Medan Tuntungan unjuk kebolehan di Jambur Halilintar Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Simpang  Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa (31/5).

Ada yang bergaya  layaknya peragawati kondang, ada pula bertingkah seperti pelukis ternama maupun penari professional.  Aksi anak-anak itu langsung mendapat apresiasi penuh dari Ketua TP PKK Kota Medan sekaligus Bunda PAUD Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin.

Semua ekspresi  yang polos dan menggemaskan dari anak-anak tersebut ditampilkan dalam acara Bulan Kreasi Anak III. Tidak hanya Ketua TP PKK, seluruh yang hadir seperti Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Umum Setdakot Medan, Ikhwan Habibi, Kaban Pemberdayaan Perempuan dan Anak Muslim, Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia Putra Ginting, Bunda PAUD kecamatan Medan Tuntungan, Ny Rehmilna Gelora Ginting serta undangan lainnya terpesona melihat aksi anak-anak tersebut.

Sejak pagi anak-anak dengan wajah yang telah di make-up dan dandanan menarik didampingi orang tuanya masing-masing sudah hadir memenuhi Jambur Halilintar. Dengan penuh antusias mereka menunggu dimulainya kegiatan tersebut. Selain fashion show,  anak-anak tersebut juga mengikuti serangkaian kegiatan lainnya seperti tari  kreasi, lomba mewarnai dan lomba mengisi bola seharian penuh.

Ny Rita Maharani menyampaikan apresiasinya terhadap Kecamatan Medan Tuntungan, terutama Ketua TP PKK Kecamatan Medan Tuntungan yang telah menggagas dan menggelar Bulan Kreasi Anak III tersebut. Sebab, kegiatan ini dinilainya sebagai pembinaan  sekaligus untuk melihat kemampuan dan keterampilan anak - anak dalam mengembangkan bakatnya setelah mengikuti pendidikan di tingkat TK dan PAUD.

"Usia dini merupakan usia emas dalam pertumbuhan kecerdasan dan karakter anak. Oleh karena itu kegiatan lomba dalam Bulan Kreasi Anak III ini, selain melihat sejauh mana anak- anak yang telah di didik mampu mengikuti pendidikan maupun pembinaan dari guru mereka, juga melalui kegiatan ini akan menumbuhkan bakat dari masing - masing anak," kata Ny Rita.

Sementara itu menurut Ikhwan Habibi,  kegiatan itu untuk menggali potensi diri seorang anak, baik dari segi pendidikan maupun keterampilan haruslah dimulai sejak usia dini. Sebab, anak-anak usia dini adalah masa depan bangsa yang harus ditumbuhkembangkan jiwa dan raganya untuk menjadi anak yang cerdas, terampil dan berakhlak mulia. Artinya anak usia dini harus dikembangkan motorik kasar dan motorik halusnya melalui kegiatan berkesenian dan berketerampilan.

"Alhamdulillah, Kecamatan Medan Tuntungan  telah menunjukkan kepedulian terhadap dunia pendidikan melalui lomba bulan kreasi anak yang menampilkan berbagai perlombaan bagi anak TK dan anak PAUD. Mari kita beri Apresiasi semoga kegiatan ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita dalam meningkatkan potensi diri anak - anak kita,"  ungkap Ikhwan.

Selanjutnya, Ikhwan juga merasa bangga terhadap anak  Paud dan anak TK yang mengikuti lomba bulan kreasi anak yang ketiga ini. Semoga anak - anak para peserta tetap bersemangat dan tunjukkan yang terbaik dan semoga kegiatan ini memberikan manfaat positif mereka sehingga kedepannya menjadi insan yang kreatif dan cerdas.

"Saya berharap perlombaan ini dijalankan secara berkesinambungan, tidak hanya di Kecamatan Medan Tuntungan, tetapi diseluruh kecamatan di Kota Medan. Dengan begitu dapat menjadikan kota Medan sebagai Kota Layak Anak," harapnya.

Sebelumnya Bunda PAUD Kecamatan Medan Tuntungan, Ny Rehmilna Gelora Ginting menjelaskan bahwa bulan kreasi anak ini sudah ketiga kalinya digelar. Awalnya kegiatan ini dilakukan secara swadaya, tetapi setelah  berkonsultasi dengan bapak Wali Kota dan Bunda PAUD kota Medan kegiatan ini telah masuk dalam anggaran Kecamatan Medan Tuntungan.

Rehminla menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membina generasi muda dalam hal ini anak - anak TK dan Paud sejak dini. Selain itu untuk meningkatkan kompetensi dalam membina anak didik diantara pengelola TK dan Paud se Kecamatan Medan Tuntungan dengan memperhatikan persaingan yang sehat, sehingga kedepan akan semakin meningkatkan kualitas PAUD dan TK yang ada" dan bulan kreasi anak ini diikuti 601 anak dari 15 Tk dan 15 PAUD yang ada di Kecamatan Medan Tuntungan. Dengan rincian 157 anak TK dan  134 anak PAUD , mereka mengikuti lomba mewarnai dimana pesertanya  31 anak TK dan 30 anak PAUD, lomba fashion show dan lomba tari kreasi diikuti 11 anak TK dan 5 anak PAUD, sedangkan lomba mengisi bola diikuti 86 anak TK dan 73 anak PAUD, imbuh Rehmilna Gelora Ginting  (Zulfikar Sembiring/William)