Info Lowongan Kerja :
Home » » Polda Sumut Laksanakan Rakernis Fungsi Lantas Sejajaran Polda Sumut

Polda Sumut Laksanakan Rakernis Fungsi Lantas Sejajaran Polda Sumut

Written By deteksi nusantara on Kamis, 04 Mei 2017 | Kamis, Mei 04, 2017

Medan, DeteksiNusantara.com - Polda Sumut melaksanakan Rakernis fungsi Lantas sejajaran Polda Sumut, Kamis (4/5/2017) pukul 08.00 Wib bertempat di Aula Catur Prasetya. Peserta Rakernis Kasat Lantas, Kaur Bin Ops Lantas, Kanit Lantas sejajaran Polda Sumut.

Acara Rakernis dihadiri Waka Polda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, Para Pejabat Utama Polda Sumut, Kepala Dinas Provinsi Sumut Darwin Purba, SE, ATD, M.Si, Kepala Dinas PU Provinsi Sumut Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si, Kepala BBPJN II Ir. Paul A. Halomoan, M.Sc, Kepala Cabang PT. Jasa Raharja (Persero) Sumut Ifriyantono, SE. Tema Rakernis "Keselamatan Untuk Kemanusiaan Menuju Polantas yang Promoter".

Amanat Kapolda yang dibacakan Waka Polda Sumut mengucapkan terima kasih kepada panitia dan Narasumber atas terlaksananya Rakernis. Dan juga berterima kasih kepada seluruh personel pengemban fungsi Lantas sejajaran Polda Sumut yang telah mengikuti Rakernis. Rakernis ini sangat penting sebagai momen untuk evaluasi kinerja jajaran fungsi Lantas, memberikan motivasi dan menyampaikan arah / bijak pimpinan, serta menjawab tantangan tugas dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas yang baik di wilayah Sumatera Utara.

Kondisi Kamseltibcarlantas di wilayah Sumut masih belum seideal yang kita harapkan, angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas masih cukup tinggi dimana titik – titik kemacetan semakin hari semakin banyak, sebagaimana data laka lantas di wilayah Sumut tahun 2016 sebanyak 6.276 kejadian.

Data lantas periode Januari s/d Maret 2016 sebanyak 1.616 kejadian (MD 454 orang, LB 704 orang, LR 1.721 orang, kerigian materil + 14,49 M). Periode Januari s/d Maret 2017 sebanyak 1.348 kejadian (MD 407 orang, LB 470 orang, KR 1.567 orang, kerugian materil + 3,64 M).

Data penegakkan hukum bulan Januari s/d Maret 2016 sebanyak 57.246 tilang dan 41.467 teguran, penegakkan hukum periode Januari s/d Maret 2017 sebanyak 57.285 tilang dan 48.949 teguran. Terjadi penurunan pada angka laka lantas TW I 2017 bersamaan dengan naiknya angka penegakkan hukum TW I 2017 dan ini mengindikasikan bahwa kepatuhan masyarakat karena penegakkan hukum berdampak langsung pada menurunnya angka laka lantas.

Dalam pelaksanaan tugas, kita akan dihadapkan tantangan dan hambatan diantaranya :
1. Masih rendahnya kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat.
2. Masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang peraturan berlalu lintas.
3. Pertumbuhan kendaraan yang begitu pesat sehingga tidak seimbang dengan kapasitas jalan yang ada.

Untuk mengatasi berbagai hambatan tersebut, kita tidak bisa bekerja sendiri, harus bersinergi dengan stake holder terkait, diantaranya sinergitas dengan stake holder yang sudah dibangun Ditlantas Polda Sumut adalah MoU antara Gubernur Sumut dan Kapolda Sumut tentang kerja sama mewujudkan pendidikan lalu lintas ke mata pelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada tingkat SD, SMP, SMA sewilayah Provinsi Sumut.

Melalui Rakernis ini agar dapat dirumuskan langkah – langkah kongkrit dan trobosan kreatif dalam rangka meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas yang dilakukan melalui :
1. Pelaksanaan pendidikan berlalu lintas sejak usia dini.
2. Sosialisasi dan Internalisasi tata cara dan etika berlalu lintas serta program keamanan dan keselamatan berlalu lintas dan angkutan jalan.
3. Pemberian penghargaan terhadapa tindakan keamanan dan keselamatan berlalu lintas dan angkutan jalan.
4. Penciptaan lingkungan ruang lalu lintas yang mendorong pengguna jalan berperilaku tertib.
5. Penegakkan hukum secara konsisten dan berkelanjutan.

Demi kelancaran Rakernis ini, kepada Narasumber saya berharap dapat menyampaikan materi yang uptodate, secara dinamis dan dialogis. Dan kepada peserta agar ikuti Rakernis ini dengan sungguh – sungguh dan tanggung jawab serta berikan feed back yang baik atas materi yang disampaikan. (Indra Hsb)