Info Lowongan Kerja :
Home » » Secara Serentak 37 Asrama Polisi Polda Sumut Deklarasikan Bebas dari Narkoba

Secara Serentak 37 Asrama Polisi Polda Sumut Deklarasikan Bebas dari Narkoba

Written By deteksi nusantara on Rabu, 03 Mei 2017 | Rabu, Mei 03, 2017

Medan, DeteksiNusantara.com - Deklarasi  pernyataan sikap bersih dan bebas dari penyalahgunaan Narkoba di lingkunan Asrama Polri sejajaran Polda Sumut Medan tersebut dilakukan secara live 27 Polres yang tersambung melalui video conference dan dipusatkan di Satbrimob Polda Sumut sedang untuk Satwil dipusatkan di asrama Polisi masing-masing.

Para penghuni mendeklarasikan asramanya menyatakan diri bebas dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Kegaiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 3 Mei 2017 pukul 14.30 Wib bertempat di Lapangan Mako Brimob Polda Sumut Jalan KH. Wahid Hasyim Medan.

Dalam acara Deklarasi / Pernyataan Lingkungan Bebas Narkoba tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Ir. H. T. Erry Nuradi, Kepala BNNP Prov Sumut Brigjen Pol Brigjen Pol Andi Loedianto, Sekretaris NCB InterPol Brigjen Pol M. Naufal Yahya, Para Pejabat Utama, para Kapolres sejajaran , Para Kepala BNNK Kabupaten / Kota, Bahayangkari Polda Sumut dan warga penghuni asrama Polri yang ada di Medan.

Polda Sumut sendiri secara khusus menyambut antusias kedatangan Ketua Komisi III Trimedya Panjaitan beserta beberapa anggota Komisi III DPR RI yang turut menghadiri acara deklarasi tersebut.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting mengatakan pembacaan deklarasi / pernyataan dan penandatanganan lingkungan asrama Polisi bersih dan bebas dari penyalahgunaan narkoba dilakukan oleh Ketua Asrama Polisi yang diikuti oleh warga asrama Brimob Polda Sumut dan diikuti 27 asrama Polres jajaran Polda Sumut.

"Pembacaan deklarasi atau pernyataan diikuti oleh seluruh warga asrama yang dilaksanakan secara live streaming." ujarnya.

Isi deklarasi yang dibacakan dihadapan Kapolda Sumut dan Forkompida Sumut tersebut yaitu :

Deklarasi Lingkungan Asrama Polri Bebas dari Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba, Kami yang bertanda tangan di bawah ini adalah Warga Asrama Polri Polda Sumut dengan ini menyatakan sikap sebagai berikut :

Bahwa kami tidak akan menjadi perantara, menyimpan, menggunakan dan atau mengedarkan segala bentuk jenis narkoba, baik dalam lingkungan keluarga, Asrama maupun masyarakat.Bahwa kami akan menjadi pelopor dan membantu pihak Kepolisian memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba baik dilingkungan asrama maupun masyarakat.Bahwa apabila dikemudian hari kami terkait dengan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, maka kami bersedia dikeluarkan dari asrama dan menjalani proses hukum yang berlaku. Demikian pernyataan sikap ini kami buat dengan sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh siapapun.

Sementara itu, Kapolda Sumut dalam arahannya mengatakan untuk memberantas narkoba di wilayah Polda Sumut,  Polisi akan membersihkan terlebih dahulu peredaran narkoba di lingkungan Polri dengan melakukan bersih bersih ke dalam dan hajar keluar.

"Oleh sebab itu, dengan bersih bersih ke dalam itu kita mencanangkan asrama yang bebas dari penyalahgunaan narkoba dengan membuat deklarasi / pernyataan yang dibacakan oleh ketua asrama Sat Brimob Polda Sumut dan diikuti seluruh kepala asrama sejajaran Polda Sumut sebanyak 37 asrama secara live streaming." ujar Irjen Rycko.

Setelah itu dilanjutkan sambutan Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Andi Loedianto.  Brigjen Andi mengatakan BNNP Sumut sangat mendukung kebijakan Kapolda sumut dengan membuat suatu gebrakan ataupun inovasi bersih bersih narkoba di asrama polisi di seluruh jajaran Polda Sumut. "Masalah narkoba sudah menjadi masalah yang sangat mengkhawatirkan di negara kita khususnya di Sumatera Utara. BNNP Sumut akan membentuk kader kader penyuluhan baik dari anggota BNNP Sumut itu sendiri, anggota Polri maupun dari masyarakat. Mudah-mudahan wilayah Sumut akan terbebas dari peredaran narkoba." ujarnya.

Gubernur Sumut Ir.  HT. Erry Nuradi dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Kapolda Sumut, dan mengapresiasi atas Kebijakan – kebijakan yang dilakukan Polda  Sumut dalam memerangi / memberantas narkoba di wilayah Sumut.

"Sebagai Gubernur saya akan membantu Polri dalam memberantas narkoba yang mana wilayah Sumut yang wilayahnya banyak dijadikan oleh bandar narkoba untuk mengedarkan narkoba kepada masyarakat." kata Gubsu.

Ketua Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumut. Trimedya mengaku prihatin atas maraknya peredaran narkoba di negara kita,  khususnya di wilayah Polda Sumut. Komisi III DPR RI mendukung penuh atas kinerja Kapolda Sumut dalam melakukan deklarasi asrama bebas dari Narkoba.

" Kita juga minta agar Bhabinkamtibmas lebih digiatkan dalam hal penanganan pemberantasan narkoba di wilayahnya masing – masing,  agar tempat tempat hiburan malam dilakukan pengecekan kembali ijin usahanya kembali, lakukan razia razia secara mendadak ke tempat2 hiburan." pesan Trimedya. Acara tersebut kemudian diakhiri dengan kegiatan photo bersama. (Indra Hsb)