Info Lowongan Kerja :
Home » » KPU Sumut akan Bentuk Tim Cyber Untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

KPU Sumut akan Bentuk Tim Cyber Untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Written By deteksi nusantara on Selasa, 21 November 2017 | Selasa, November 21, 2017

Medan,DeteksiNusantara.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara tidak lama lagi akan membentuk Tim Cyber guna meningkatkan angka partisipasi masyarakat di Provinsi Sumatera Utara dalam memilih pada Pilkada Tahun 2018.

Pembentukan Tim Cyber ini adalah sebagai upaya sosialisasi maksimal untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat di Provinsi Sumatera Utara yang tidak sampai 50 persen saat berlangsung Pilkada 2013 yang lalu.

"Kita tengah mempersiapkan Tim Cyber KPU Sumatera Utara karena melakukan sosialisasi ke media sosial karena sangat efektif," kata Komisoner KPU Provinsi Sumut, Yulhasni kepada Kontributor Elshintta, Diurnawan, Selasa (9/5) di Kantor KPU Provinsi Sumatera Utara.

Dengan adanya Tim Cyber KPU Sumut ini, nantinya masyarakat akan diingatkan melalui pesan SMS otomatis agar ikut memilih. Masyarakat di Provinsi Sumatera Utara juga secara mudah melakukan pengecekan langsung Daftar Pemilihan Tetap (DPT) maupun TPS yang nantinya menjadi lokasi untuk memilih.

Disebutkan Yulhasni, dari target Nasional 77.5 persen, KPU Provinsi Sumut akan berupaya mencapai 60 persen suara dalam peningkatan partisipasi pemilih di tahun 2018 mendatang. Dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2018, KPU Sumut memfokuskan kepada dua hal. Yakni, pada pemilih pemula yang diperkirakan KPU Sumut mencapai 20 persen dan memperhatikan daerah-daerah dengan jumlan DPT tertinggi seperti Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Langkat, dan Kabupaten Simalungun.

Hal lain yang menjadi tugas penting KPU adalah pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Diketahui banyak data-data pemilih yang terbit saat pemilu sudah tidak sesuai lagi dengan yang ada. Seperti yang telah meninggal dunia, pindah domisili atau telah bergabung menjadi TNI/Polri.

"KPU akan melakukan upaya maksimal bagaimana data pemilih sesuai dengan yang ada," ujar Yulhasni.

Ia mewakili KPU Sumut juga mengajak agar nantinya di Pilkada 2018, masyarakat Sumatera Utara berpartisipasi. Jika nantinya ada pemilih yang tidak mendapatkan surat undangan pemilih atau c6, bukan menjadi alasan untuk tidak datang ke TPS terlebih dengan adanyanya Tim Cyber KPU Sumut ini, Masyarakat sudah mudah mengakses hal-hal yang berkaitan dengan Pilkada 2018. (Red/Elshintta)