Info Lowongan Kerja :
Home » » Perayaan Natal Oikumene Sumut Dikawal Personil Polri dan TNI, Gubsu : Jaga Tali Persaudaraan Perdamaian Dan Kerukunan 

Perayaan Natal Oikumene Sumut Dikawal Personil Polri dan TNI, Gubsu : Jaga Tali Persaudaraan Perdamaian Dan Kerukunan 

Written By deteksi nusantara on Jumat, 29 Desember 2017 | Jumat, Desember 29, 2017

Medan, DeteksiNusantara.com - Gubernur Sumatera Utara  Dr HT Erry Nuradi hadir memberi apresiasi Perayaan Natal Oikumene Sumut Tahun 2017 dilaksanakan di Gedung Rumah Persembahan Sumatera Resort Jalan Jamin Ginting Medan, Pukul 14.00 WIB Kamis (28/12/2017).

Gubsu dalam apresiasinya mengajak agar warga jemaat sesuai tema, "Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu dan sesuai sub thema dapat mengimplementasikan spiritual dalam hidup kebersamaan demi terjaganya perdamaian dan kerukunan anak bangsa"  tutur Gubsu.

Dititurkana "Natal  ini dapat dijadikan momentum untuk mempererat sinergitas bagi kita sehingga berjalan dengan sehingga bersama-sama membangun Sumatera Utara yang multikultural, sejahtera, humanis dan religius. Hal itu bisa diwujudkan jika semua satu suara dan satu tujuan. "Marilah kita lanjutkan terus menjadikan Sumut yang humanis, religius dan teruslah menjaga tali persaudaraan yang telah kita bina dengan baik ini" tuturnya.

Selanjutnya Gubsu Erry Nuradi  menambahkan "Bangsa Indonesia sangat majemuk dan pluralisme karena terdiri dari suku dan agama. Meski berbeda namun warganya hidup dengan saling menghargai dan menghormati, maka kita patut sebut Sumut Paten" imbuhnya.

Sebelumnya Perayaan Natal  Ibadah yang dihadiri  ribuan jemaat ini menghadirkan pengkhotbah Pdt Dr Gomar Gultom Sekum PGI Pusat menuturkan, "Allah mengutus anakNya Yang  Tunggal ke duniabukan untuk menghakimi dunia melainkan untuk menyelamatkan kita dan sesuai  Tema dikutip dari Kitab kehidupan Kolose 3:15: Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hidupmu maka hidup kita dipulihkan dari kuasa dosa menjadi kudus Sebab kita segambar dengan Allah dan spiritual kita dipenuhi oleh kadih pengampunan Allah 

Acara dimulai pukul diawali dengan Pra Ibadah, defile mewakili berbagai denominasi gereja sambil mengusung lambang-lambang gereja masing-masing. Dengan kehadiran masing-masing denominasi gereja yang tercermin Oikumene di dalam natal ini. "Masing-masing Sinode Gereja berperan dalam perayaan natal ini, untuk itu Pimpinan-pimpinan Gereja  hadir serta mengutus jemaatnya.

Upacara nasional, kata-kata sambutan, ibadah natal dan hiburan Natal Trio Polisi, Vokal Solo, Volk Song Juara I Pesparawi Sumut,  drama  dan  Sambutan dan sebelum Lagu Malam Kudus Penyalaan Lilin  Ketua Umum Panitia Natal Anthony Siahaan SE ATD MT, Mewakili FKKGSU Dr Pdt Jamilin Sirait, mewakili Tokoh Masyarakat Dr RE Nainggolan MM FKUB Propsu, Mewakili Kaum Bapak, Ibu dan Pemuda.

Turut hadir Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Sosial Budaya Kolonel Kaveleri Halilitar SH,  Tokoh masyarakat Sumut Dr RE Nainggolan,MM, Ketua Umum Forum Komunikasi Gereja-gereja Sumatera Utara (FKGGSU)  Pdt Jamilin Sirait, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Japorman Saragih, Pemilik Harian SIBNy GM Panggabean R Br Hutagalun  PNS dan warga Gereja, TNI dan Polri 

Sebelumnya Gubsu telah memberikan bantuan hibah kepada 10 Gereja yang ada di Sumut, hibah tersebut diambil dari APBD Provsu Tahun Anggaran 2017, kegiatan Bakti Sosial di berbagai tempat yang merupakan kawasan masyarakat kurang mampu dari segi ekonomi yang terletak di pinggiranmampu dari segi ekonomi yang terletak di pinggiran kota Medan. Baksos pertama dilaksanakan di kawasan Mandala, kemudian di Starban Kelurahan Polonia, ketiga di kawasan pinggir rel kereta api Jalan perkutut, Kecamatan Medan Helvetia dan terakhir di Kelurahan Bahari Belawan.

Ribuan masyarakat lintas etnis dan agama mendapat pelayanan berobat gratis. Kegiatan ini kerjasama panitia natal bersama YSKI dan RS Royal Prima. Selain itu, ribuan anak-anak bayi baru lahir sampai remaja mendapat tambahan makanan bergizi dan vitamin. Kemudian pembagian kacamata gratis untuk masyarakat berusia 50 tahun keatas dan pemberian makanan bergizi kepada ibu-ibu hamil di Belawan.

"Pada perayaan Natal ini, semua orang harus bersuka cita, tidak memandang suku, agama dan golongan. Bakti sosial adalah simbol kasih seperti yang diajarkan Tuhan Yesus yang mengajarkan kepada umatNya agar berbuat kasih, itulah makna natal yang kita rayakan hari ini," tuturnya didampingi Sekum Pdt Hotman Hutasoit, Wakil Ketua Jadi Pane SPd, Bendahara Benjamin Gultom  dan lainnya.

Diakhir acara Perayaan Natal, Doa berkat seluruh Pendeta Utusan semua Gereja dan Uskup Agung Mgr Dr AB Sinaga OFM Cap dilanjutkan makan bersama. (Nurlince Hutabarat)