Info Lowongan Kerja :
Home » » Polda Sumut Laksanakan Asistensi dan Supervisi Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumut

Polda Sumut Laksanakan Asistensi dan Supervisi Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumut

Written By deteksi nusantara on Kamis, 21 Desember 2017 | Kamis, Desember 21, 2017

Medan, DeteksiNusantara.com - Upacara dalam rangka kegiatan Asistensi dan Supervisi Kebakaran Hutan dan Lahan diwilayah Sumatera Utara. Sebagai Irup Asisten Kapolri Bidang Operasi yang diwakili oleh Karo Dalops Sops Polri Bapak Brigjen Pol Drs. Kusharianto,MM di Lapangan KS.Tubun Mapolda Sumut Rabu, (20/12/2017) pukul 10.00 Wib.

Hadir dalam upacara tersebut Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Wakapoldasu Brigjen Pol Agus Andrianto,SH, Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Lilik Arga Tjahjana,MSI, Pejabat Utama Polda Sumut.

Amanat Kapolda Sumut yang dibacakan oleh Karo Dalops Sops Polri mengatakan kegiatan asistensi dan supervisi kebakaran hutan dan lahan diwilayah provinsi Sumut yang dilaksanakan di Polda Sumut. Kegiatan supervisi dan asistensi ini dilaksanakan dalam rangka monitoring perkembangan dan upaya yang telah dilakukan oleh Polda Sumut dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan dan pemanfaatan aplikasi sistem monitoring kebakaran hutan dan lahan berbasis IT yang telah diprogramkan secara serentak seluruh Polda.

Untuk menjamin tergelarnya aplikasi sistem monitoring kebakaran hutan dan lahan berbasis IT di Polda Sumut secara optimal, maka melalui asistensi dan supervisi ini diharapkan dapat diketahui pencegahan dan kendalanya untuk dicarikan solusi dan penanggulangannya. Sebagaimana diketahui ditahun 2015 telah terjadi kebakaran hutan dibeberapa wilayah Indonesia yang berdampak hingga ke Negara tetangga dan hal ini menjadi perhatian khusus Presiden RI, dimana untuk mengatasinya Presiden telah mengeluarkan instruksi Presiden Nomor 11 tahun 2015 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

Instruksi Presiden tersebut selama tahun 2016 hingga 2017, Polri bersama-sama instansi terkait serta masyarakat telah melakukan upaya-upaya penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan secara serius, tidak terkecuali di Sumatera ini. Salah satu upaya Polri dalam penanganan kebaran hutan dan lahan saat ini adalah dengan penerapan aplikasi sistem monitoring kebakaran hutan dan lahan berbasis IT yang dapat memonitor titik api dengan cepat, sehingga penanganan kebakaran hutan dan lahan dapat diantisipasi sedini mungkin dengan aplikasi tersebut titik api dapat di deteksi posisi titik awal api, sehingga para Stake Holder bisa melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan secara terpadu dengan mengoptimalisasikan peran 3 pilar kamtibmas (Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Kades) dan pemberdayaan masyarakat peduli api dengan melakukan pemetaan wilayah kebakaran hutan dan lahan, pemetaan akses jalan wilayah rawan kebakaran, pemetaan perusahaan pengelola hutan dan pembuatan kanal Bloking/ sekat kanal.

Sistem ini telah dikembangkan dan dugunakan oleh seluruh Polda terutama dimana lokasi kebakaran hutan dan lahan dengan membangun Command Center Aplikasi Sistem Monitoring Kebakaran Hutan dan Lahan berbasis IT yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh instansi terkait. (Indra)