Binjai

HEADLINE NEWS

Kodam I/BB Tatar 300 Kader Bela Negara dari Kalangan Pelajar se Sumut








DeteksiNusantara.id /

Siantar - Kodam I/Bukit Barisan memberi penataran dan pembentukan kader bela negara kepada 300 pelajar SMA dan SMK yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Senin (29/4/2019).

Pemusatan penataran yang dilakukan di Rindam I/Bukit Barisan, Pematangsiantar, dibuka langsung oleh Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah yang diwakili Danrindam I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Zainuddin.

Dalam amanat tertulis Pangdam I/BB disebutkan, Rindam I/BB adalah lembaga pendidikan sebagai tempat mendidik, membentuk dan menempa prajurit-prajurit yang andal. Karenanya, setiap orang yang masuk ke Rindam I/BB harus sudah siap secara mental dan fisik untuk mengikuti pendidikan.

"Demikian juga dengan peserta penataran sekalian. Saya yakin dan percaya bahwa para peserta telah mempersiapkan diri dengan baik, sehingga siap untuk mengikuti penataran ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab," ucap Pangdam I/BB.

Sesuai bunyi UUD 1945 Pasal 27 Ayat 3 dan Pasal 30 Ayat 1, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara, dan tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Berdasarkan hal itu, maka Kodam I/Bukit Barisan bekerja sama dengan Pemprov Sumut Cq Dinas Pendidikan dan beberapa sekolah di Sumut menyelenggarakan penataran kader bela negara kepada 300 pelajar SMA dan SMK.

"Tujuan penataran kader bela negara ini adalah untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, berdisiplin, terampil dan cerdas," jelas Pangdam I/BB.

Di samping itu, penataran ini juga untuk mewujudkan generasi muda yang mempunyai sikap mental dan berkarakter, memiliki rasa cinta tanah air dan mempererat ke-Bhinneka Tunggal Ika-an serta memiliki kesadaran bela negara.

Diuraikan Pangdam I/BB, penataran kader bela negara merupakan upaya dalam rangka memperkuat jati diri sebagai anak bangsa, di tengah derasnya arus informasi yang begitu cepat dan tanpa filter masuk ke Indonesia.
Generasi muda harus bisa berbuat lebih banyak dan lebih bersemangat untuk kemajuan bangsa, sehingga identitas diri sebagai generasi muda bisa menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan bangsa.

"Saya berharap penataran kader bela negara ini dapat dijadikan sebagai pembangkit semangat, sekaligus membangun kesadaran para pelajar agar memiliki rasa cinta tanah air serta kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila dan UUD 1945, rela berkorban bagi bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara baik secara fisik maupun non fisik," papar Pangdam I/BB.

Penataran ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para siswa tentang pentingnya disiplin, kesehatan jasmani dan rohani serta terhindar dari pengaruh lingkungan saat ini, terutama pengaruh bahaya narkoba, HIV AIDS serta bahaya paham radikalisme dan komunisme yang dapat merusak masa depan bangsa dan negara.

Hal ini selaras dengan tema penataran kali ini, yaitu “Melalui Penataran Bela Negara Dikalangan Pelajar, TNI AD Siap Membentuk Generasi Muda Bangsa yang Berjiwa Kesatria, Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air serta Mempererat ke-Bhinneka Tunggal Ika-an Guna Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Di akhir amanat Pangdam I/BB yang dibacakan Danrindam I/BB dipesankan kepada pembina dan pelatih untuk melaksanakan proses belajar mengajar dan pengasuhan dengan baik, penuh kekeluargaan dan kebersamaan, sehingga peserta penataran dapat menerima materi dengan baik dan optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran kegiatan penataran ini.

Turut hadir di acara ini, di antaranya Danrem 022/Pantai Timur, Aster Kasdam I/BB, Dandim 0207/Simalungun, Kapolres Simalungun dan Kapolresta Pematangsiantar serta Danyonif 122/Tombak Sakti.

Kemudian hadir juga Kadisdik Provsu, Walikota
Medan, Tebing Tinggi dan Pematangsiantar, Bupati Deliserdang, Serdangbedagai dan Simalungun, para Kacab Disdik jajaran Provinsi Sumut, para kepala sekolah, para pelatih dan peserta penataran bela negara.(Indra. Hsb)

(Sumber: Pendam I/BB)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *