Binjai

HEADLINE NEWS

Dinas Perikanan Ajak Warga Bangun Purba Tingkatkan Kualitas Ikan Budidaya




BANGUN PURBA - Dinas Perikanan Deliserdang mengajak warga lokasi TMMD ke-111 Kodim 0204/DS untuk meningkatkan kualitas ikan budidaya. Sehingga memiliki nilai jual lebih tinggi di pasaran.
Ajakan itu disampaikan Kadis Perikanan dan Peternakan Deliserdang Ir Syarifah Alwiah, M.MA pada acara penyuluhan budidaya perikanan di Kantor Desa Damak Maliho, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang, Kamis (1/7/2021).
Tampil sebagai narasumber pada acara penyuluhan itu Kadis Perikanan Deliserdang Ir Syarifah Alwiah, M.MA dan Kabid Perikanan Budidaya Herwin Jonathan.
Syarifah Alwiah mengajak warga untuk memaksimalkan potensi Desa Mabar di bidang perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Untuk itu, dia mengedukasi agar paham cara membudidayakan ikan dengan cara yang efektif dan efisien.
"Untuk memaksimalkan hasil perikanan, warga harus mengetahui cara budidaya perikanan. Jika selama ini, warga melakukan budidaya secara konvensional dan berdasarkan pengetahuan dari orang tua secara turun menurun, hendaknya hal itu harus dirubah karena teknik budidaya terus berkembang. Terutama untuk melahirkan ikan-ikan jenis baru yang lebih cepat panen dan memiliki daya tahan terhadap berbagai jenis penyakit," ujarnya.
Hal sama dikatakan Kabid Perikanan Budidaya Herwin Jonathan. Menurutnya, para petani ikan tidak bisa hanya mengandalkan pengalaman dalam melakukan budidaya, karena ilmu tentang   teknik-teknik budidaya ikan terus berkembang.
"Bahkan saat ini, para petani ikan terus berpacu untuk melahirkan jenis-jensi baru yang memiliki masa panen lebing singkat, kualitas daging lebih baik dan memiliki daya tahan terhadap penyakit," ujarnya.
Secara singkat, Herwin Jonathan menjelaskan tentang teknik budidaya mulai dari pemilihan benih, penebaran benih, pola pemberian pakan, pencegahan hama penyakit, pengelolaan kualitas air, pengotrolan pertumbuhan dan panen serta pengelolaan pasca panen. (Sumber: Kodim 0204/DS)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *