Binjai

HEADLINE NEWS

Dinas Sosial Provsu Resmikan Tugu Keserasian Sosial Masyarakat Anti Kekerasan di Kelurahan Tegal Rejo


Medan// DeteksiNusantara.Com. Forum Keserasian Sosial menggelar diskusi/sarasehan keserasian sosial bertajuk "Membangun Kreativitas Remaja untuk Mencegah Kenakalan di Kalangan Remaja dan Narkoba" pada Senin (31/1/2022).

Dalam acara itu, Bayu Subroto, SH, Advokat, Anggota Peradi Medan didapuk sebagai narasumber diskusi/sarasehan.

Bayu Subroto memaparkan narkoba merupakan permasalahan yang terjadi di kalangan masyarakat, khususnya remaja. Narkoba juga merupakan persoalan negara yang sangat kompleks permasalahannya karena melibatkan berbagai kalangan, baik orang tua, remaja, maupun anak di bawah umur.

"Jadi permasalahan narkoba ini juga menjadi musik bersama. Terima kasih kepada Forum Keserasian Sosial yang sudah mengagendakan gerakan ini sebagai bentuk keseriusan kita semua memerangi bahaya narkoba," katanya dihadapan puluhan peserta diskusi.

"Jadi, potret permasalahan narkoba itu, geografisnya terbuka, itu yang menyebab mudah masuknya dan mudah menyebarnya narkoba di wilayah Indonesia," ujarnya.

Ia menyebutkan misalnya banyak pintu masuk di berbagai pelabuhan maupun pintu masuk dari sungai-sungai kecil.

"Pengalaman saya di Kuala Simpang ada Sungai Hiu. Jadi ada klien bercerita di situlah pintu masuk proses peredaran narkoba. Ini jadi PR bersama. Bukan tugas masyarakat, itu tugas institusi sebenarnya di mana peredaran narkoba itu sudah diketahui oleh Polisi, BNN, dan seterusnya cuma tidak digalakkan," tegasnya.

Menurutnya, pemberantasan ini membuat ancaman bagi semua. Permasalahan hukum yang terjadi di lapangan adalah anak-anak atau remaja dimanjakan oleh para abang-abang atau rekan-rekan baik dalam kelompok maupun individu.

"Mereka diiming-imingi kenikmatan sesaat. Nah, menjadi ketergantungan. Awalnya coba-coba sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Jadi pengaruh persekawanan dan lingkungan inilah yang menjadi permasalahan. Tinggal kita semua, bagi lembaga forum bisa mengantisipasi," tambahnya.

Ia pun sangat menyambut baik atas kebijakan Forum Keserasian Sosial yang telah mengadakan diskusi seperti ini.

"Yang dapat dilakukan untuk memerangi bahaya narkoba ini dengan membangun kreativitas atau membangun sarana seperti olah raga, untuk mengalihkan para remaja ke hal yang positif," tandasnya.

Selain diskusi/ sarasehan, juga telah diresmikan tugu keserasian sosial oleh Dinas Sosial Provsu, Cut Hikmah, S.Sos. Hal itu disampaikan Ketua Forum Keserasian Sosial, Irfan Tanjung.

Acara ini pun turut dihadiri oleh Dinas Sosial Provinsi Sumut, Cut Hikmah S.Sos, Sekcam Medan Perjuangan, Kosim Nasution, MAP, Sekretaris Roydi Nefri, MIKom, Lurah Tegal Rejo, Dedi Armansyah, Ketua KNPI Medan Perjuangan, Samuel Silalahi, Tokoh Agama dan Masyarakat. 

Sumber dari Mimbar Umum.(indra.Hsb)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *