Binjai

HEADLINE NEWS

Turun Kesawah, Babinsa Koramil 18/BB Dim 0203/Lkt Dukung Program Ketahanan Pangan









DeteksiNusantara. id /
Tentara identik dengan pasukan gagah berani yang siap sedia menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Namun, dimasa damai TNI harus selalu peduli kesulitan rakyat dan membantu rakyat dalam segala program yang diperintahkan Komando Atas.

Seperti dalam kegiatan Program Ketahanan Pangan, seluruh Babinsa Jajaran Kodim 0203/Langkat diwajibkan membantu petani guna mewujudkan program swasembada pangan.

Kali ini,Serda Adewangso Babinsa Koramil 18/BB Kodim 0203/Lkt melaksanakan kegiatan ketahanan pangan (Hanpangan) bertempat di Desa Lubuk Kasih Kec.Brandan Barat, Kab Langkat, Sumut, Jum’at (19/04/2019).

Dalam kegiatan ini, Babinsa medampingi petani padi dan menghalau hama burung atau mengusir burung yang datang dilahan padi Bapak Supardi seluas 12 rante, Parietas Infari 32, Kelompok Tani Bukit Belah dan Ketua Kelompok Bapak Ponidi, bertempat di Desa Lubuk Kasih Kecamatan Brandan Barat Kab.Langkat.

“Pendampingan Babinsa Ke Kelompok Tani dan turun langsung ke- lahan/sawah bersama petani yang dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan di wilayah binaan demi untuk kemajuan pertanian yang lebih baik, sehingga tercapainya swasembada pangan di Kec Brandan Barat khususnya dan Kab Langkat umumnya, “ujar Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Syamsul Arifin. SE.

Burung-burung yang memakan padi merupakan hama yang datang pada saat tanaman padi sudah mulai pengisian bulir padi hingga masa panen, yang dapat membuat patah batang leher padi dan juga memakan bulir pada padi, sehingga perlu untuk diusir/dihalau karena dapat mengurangi target hasil yang akan dipanen.

“Sebagai Babinsa yang turun langsung kelapangan dan saling memberikan masukan dan menginformasikan tentang pertanian, upaya apa yang harus digunakan untuk memaksimalkan hasil panen sehingga menambah gairah petani dalam menanam padi dilahan mereka masing masing, “jelas Dandin.

Ini dilakukan Babinsa secara rutin dan terus menerus dengan bertujuan para petani kita lebih sejahtera dan cerdas, serta memahami dalam bercocok tanam padi sehingga tercapai swasembada pangan yang di harapkan.

“Kegiatan pendampingan ini juga dapat menjalin hubungan yang erat antara masyarakat dengan petani dan TNI khususnya kepada Babinsa Ramil 18/BB, “ucap Dandim.

Dengan terjalinnya kerjasama diharapkan kedepan petani dan Babinsa yang ada diwilayah tetap bersinergi dalam mewujudkan Indonesia Swasembada pangan bisa tercapai.(Dim0203) (Indra. Hsb)


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *