Binjai

HEADLINE NEWS

Polres Sergai Beri Penyuluhan Tentang Bahayanya Komsumsi Narkoba Bersama Seluruh Jajaran SatresNarkoba





DeteksiNusantara. id /
Demi menyelamatkan masyarakat kabupaten Sergai  dari  penyala gunaan narkoba. Satuan (Sat) Res Narkoba Polres Sergai , beri bimbingan penyala gunaan Narkoba khususnya diwilah hukum Polres Sergai. Bimbingan penyala gunaan Narkoba, terlaksana diaula Kantor Camat Perbaungan, Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 3 Simpang Tiga Perbaungan, Jum'at (10/5/2019) sekira pukul 09:30 Wib.
Hadir peserta Binluh, aperatur Pemerintah Kecamatan Perbaungan sekitat 100 orang, yang dipimpin Camat Perbaungan diwakili PLT Sekcam Andi SE.
Untuk personel Polres Sergai yang hadir ialah Kasatres Narkoba AKP Martualesi Sitepu SH MH, Aipda Kamaruddin Sembiring Kaurmintu, Bripda Riswandi Barus, Bripda Sumarni Dewitha Saragih.
Kegiatan Binluh diawali dari pembukaan oleh protokol, kata sambutan Sekcam dan pembimbing penyuluhan ialah Kasatres Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH.
" Perdaran Narkoba saat ini, cukup marak. Kalau untuk pengguna narkoba  tidak melihat jenis kelamin, umur, pekerjaan maupun status sosial. Bahkan sudah menyuluruh warga lapisan masyarakat,  menjadi pengguna narkoba sekarang ini. Pengertian narkoba menurut UU No.35 Tahun 2009 adalah, Narkotika dan obat atau bahan berbahaya yang berasal dari tanaman,  ataupun bukan dari tanaman. Baik itu sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan menghilangkan, menurunkan tingkat kesadaran serta nyeri yang dapat membuat ketergantungan.Sedangkan Kemenkes RI menyebutkan, dengan istilah NAPZA, Narkotika, Physikotropika dan Zat adiktif laiya" Kata Kasatres Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH.
Lanjut Martualesi Sitepu, peredaran narkoba membuat kita resah dan khawatir akan generasi penerus kita, dimasa yang akan datang. Dengan itu sekarang saya, bapak , ibu harus bersyuhkur kepada tuhan yang maha kuasa.Karena anak - anak kita, sekarang masih terhindar dari penyala gunaan narkoba. Tapi adakah yang dapat menjamin besok lusa, atau masa yang akan datang generasi penerus kita dapat terhindar dari narkoba. Sudah pasti jawabanya tidak ada, kalau kita tidak perduli dengan keadaan sekarang ini.
" Untuk Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ialah, daerahnya berbatasan dengan laut. Artinya pintu masuk oleh kartel narkoba, sehingga dibeberapa tempat dikabupaten Sergai, ada perkampungan narkoba. Karena dari hasil pemetaan yang kami lakukan. Daerah perbaungan ada kampung tempel , yang sudah lama menjadi basis peredaran narkoba. Maka itulah menjadi salah satu, kami hadir memberikan Binluh hari ini.Mari kita bangun sinergitas, sehingga menumbuhkan komitmen bersama dalam pemberantasan narkoba dikampung Tempel.
" Kampung Tempel menjadi, skala prioritas dalam penegak hukum yang kami lakukan sekarang ini. Tetapi ada satu permasalahan sosial, yang terjadi disana yaitu menjual narkoba dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan hidup. Karena sebelumnya, banyak warga dikampung Tempel bergantung hidup berjualan dikereta Api. Akan tetapi, untuk sekarang mereka sudah dilarang sehingga dengan adanya bansos. Agar Pemerintahan Kecamatan Perbaungan, dapat turun kelapangan untuk memastikan, apakah warga disana sudah terdaftar program Dinsos" Ucap orang nomor 1 di Satres Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH.
 Peria yang menyandang tiga balok emas dipundaknya ini menyebutka. Apabila ada warga atau anggota keluarga kita menjadi pencandu narkoba, silahkan laporkan kepada kami dari Kepolisian, BNN ataupun aparatur Desa. Soalnya hal ini adalah amanah Pasal 54,55 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dimana ketika dilaporkan menjadi kewajiban Pemerintah hadir untuk memfasilitasi Rehabilitasi medis dan sosial" Pungkas Kasatres Narkoba Polres Sergai AKP Martualesi Sitepu SH MH.
Usai kegiatan Binluh yang diberikan Kastres Narkoba Polres Sergai, salah satu peserta Binluh bertanyak apa penyebabnya sabu - sabu masih tetap masuk dan diedarkan dinegara Indonesia.
Martualesi Sitepu menjawab, bahwa kartel narkoba melihat bangsa kita menjadi tempat peredaran narkoba yang menggiurkan. Karena banyak pengguna narkoba,  sehingga dengan segala cara dilakukan utuk bisa memasarkan barang haram tersebut" Harapan saya, berperan aktif kita semua memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya pengguna Narkotika. Diharapkan juga nantinya, para pengguna Narkotika sadar sehingga kedepanya semakin sedikit orang menjadi pecandu Narkotika. Dan Negara kita diharapkan bebas dari penyala gunaan Narkotika" Jawab AKP Martualesi Sitepu SH MH, yang sebelumnya menjabat Kapolsek Kutalimbaru. (Indra. Hsb)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *