Binjai

HEADLINE NEWS

2 Bom Aktip Rakitan Diledakkan, 23 Terduga Teroris Ditangkap






DeteksiNusantara. id

Pasca ditemukannya bom rakitan dan bahan peledak yang disita polisi dari penangkapan terduga terorisme di Medan, petugas kepolisian  akhirnya melakukan peledakkan bom rakitan tersebut di areal perkebunan tebu milik PTPN II, Jalan Sei Bederah Jatian, Dusun XX, Desa Klumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), Senin (18/11/2019).


Kegiatan pemusnahan bom itu dilaksanakan oleh pasukan penjinak bahan peledak (Jihandak) dan Gegana Polda Sumut.


Sebanyak 2 bom yang aktif hasil rakitan terduga teroris itu dilakukan dengan cara diledakkan. Sementara itu, sejumlah bahan peledak dan cairan kimia yang turut diamankan tersebut, dibakar petugas.


"Dua bom aktif yang kita musnahkan ini merupakan hasil sitaan saat penyergapan tiga terduga teroris di Desa Kota Datar, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu akhir pekan lalu," ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto di lokasi pemusnahan bom rakitan.


Menurut Kapolda, dua bom yang ditemukan itu ada dua jenis, yakni bom pipa dan satu lainnya dirakit dengan kaleng cat.


Bom itu disita polisi dari dalam rumah terduga teroris berinisial Y setelah dilakukan penangkapan oleh Polda Sumut bekerjasama dengan Densus 88.


Terduga teroris berinisial Y sesuai penelusuran adalah bernama Yahya.


Orang bersangkutan diketahui mahir dalam merakit bom, termasuk ahli dalam mencampurkan bahan serbuk pupuk, potasium, belerang maupun lainnya.


Yahya juga mengajari Rabbial Muslim Nasution menarik pemicu sebelum melakukan bom bunuh diri.
"Mereka berlatih di sebuah tempat di Tanah Karo. Saat latihan itu, mereka turut menunggangi kuda sambil memanah. Lokaso latihan itu juga tempat merakit bom selain di Belawan.


Penanganan kasus ini masih terus dikembangkan. Seluruh terduga terorisme (23 tersangka) sudah kita bawa untuk ditahan di Markas Polda Sumut," Ungkapnya.(red )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *