Binjai

HEADLINE NEWS

Pembina Utama dan KSJ Provinsi Sumut Berbagi Ramadhan Serentak Bersama Daerah


Batubara // DeteksiNusantara.Com. Ketua Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Provinsi Sumatera Utara, Dr Abdul Manan Nasution bersama pengurus KSJ yang ada di Sumut, membagikan takjil dan sembako kepada masyarakat kurang mampu yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 Hijriah. 


Kegiatan berbagi di bulan Ramadhan 1444 Hijriah yang setiap hari dilakukan serentak di berbagai daerah di Sumut ini  masing-masing pengurus daerah harus mempersiapkan sedikitnya 300 paket takjil selama bulan suci Ramadhan untuk dibagikan kepada orang yang menjalankan ibadah puasa.


Seperti tukang becak maupun para pengendara yang melintas di jalan ,  serta beberapa paket sembako yang langsung dikunjungi dari rumah ke rumah warga. 


Seperti di Kabupaten Batubara, ada tiga kota besar di Provinsi Sumut yang melaksanakan kegiatan pada hari kedelapan Ramadhan 1444 Hijriah, Kamis (30/3/2023).


Seperti di Kota Indrapura, Lima Puluh dan Kota Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara yang masing-masing melaksanakan kegiatan yang sama.


Di Kota Tanjung Tiram, dilakukan oleh relawan di laut yang pembagiannya difokuskan pada pintu masuk dan keluar para nelayan atau mercusuar di wilayah nelayan yang akan berangkat maupun pulang dari mencari ikan bisa mendapatkan takjil yang dibagikan para Relawan KSJ.  


Sementara itu, KSJ Provinsi Sumut juga mengisyarakatkan kepada para pengurus dan relawan KSJ agar tetap memberikan bantuan sosial paket sembako kepada kaum duafa yang berada di masing masing daerah.


Hal tersebut ditegaskan Ketua KSJ Provinsi Sumatera Utara, Dr Abdul Manan Nasution yang menjadi penyemangat kepada seluruh relawan di Provinsi Sumut. 


"Kegiatan ini harus dilakukan setiap hari semasa Ramadhan dan untuk logistik yang dipersiapkan bisa saling berkoordinasi kepada provinsi. Saat ini KSJ harus bisa membawa orang untuk ikut bersedekah. Dengan semakin banyak orang yang bergabung maka semakin banyak pula orang kurang mampu bisa terbantu," tegasnya.


Pembina sekaligus pendiri KSJ  H Ikhwan Lubis SH MH menjelaskan sedekah Ramadhan 1444 Hijriah yang dilakukan pengurus KSJ Provinsi Sumut adalah sebuah program. Dimana kegiatan ini untuk membiasakan para pengurus di seluruh daerah yang ada di Provinsi Sumut dalam menjalankan roda organisasi KSJ.


"Setiap daerah harus aktif melaksanakan kegiatan dan harus berupaya dalam membantu masyarakat yang kurang mampu," kata Ikhwan. 


Lanjutnya, program KSJ Provisi Sumut ini juga akan berlanjut seperti momen  Ramadhan saat sekarang ini dan program umroh gratis kepada masyarakat kurang mampu di seluruh daerah yang sekarang masih dirapatkan serta kemungkinan akan banyak program dalam membantu masyarakat duafa atau anak yatim piatu. 


"Harapan saya KSJ nantinya akan sama dilakukan oleh daerah di berbagai Provinsi di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan program pemerintah yang menjadi Gerakan Sosial Nasional," tandasnya.(indra.hsb)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *