Binjai

HEADLINE NEWS

UU 23 tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi


Medan//DeteksiNusantara.Com. Hay teman-teman tahu gak? 

UU No 23 Tahun 2022 membahas tentang apa, Sob? Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar tapi tidak begitu familiar kali ya. Nah, artikel ini akan memberi informasi seputar UU No 23 Tahun 2022 khususnya bab 1 tentang asas dan tujuan dalam layanan psikologi serta penyelenggara pendidikan psikologi.

Psikologi tidak asing di telinga kita, seperti kita ketahui bersama bahwa yang membahas perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah adalah psikologi. Psikologi itu ilmunya, sedangkan orang yang memberikan layanan psikologi disebut psikolog.

Sob, UU 23 tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi adalah Undang-Undang baru yang mengatur mengenai penyelenggaraan Pendidikan Psikologi, Registrasi dan izin, Layanan Psikologi, hak dan kewajiban bagi Psikolog serta Klien, organisasi profesi, pembinaan dan pengawasan, peran serta masyarakat, serta ketentuan sanksi administratif. Boleh juga Undang-Undang disebut sebagai UU Psikologi.

Definisi Psikologi dalam UU 23 tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi adalah ilmu tentang proses mental yang diungkapkan, diekspresikan, dan ditampilkan dalam bentuk perilaku di berbagai bidang kehidupan manusia berdasarkan metode ilmiah dengan berbasis fakta.

 Apakah Pendidikan Psikologi itu?

Pendidikan Psikologi adalah usaha sadar dan terencana dalam pendidikan formal yang terdiri atas pendidikan akademik dan pendidikan profesi pada jenjang pendidikan tinggi yang program studinya terakreditasi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Psikologi.

Pendidikan Psikologi terdiri atas pendidikan akademik; dan pendidikan profesi.

Pendidikan akademik Psikologi meliputi program sarjana; program magister; dan program doktor.

Pendidikan profesi meliputi program profesi; program spesialis; dan program subspesialis. Program profesi merupakan pendidikan keahlian yang diperuntukkan bagi lulusan Pendidikan Psikologi program sarjana.

Apa itu Layanan Psikologi?

Layanan Psikologi adalah segala aktivitas pemberian jasa dan praktik Psikologi yang memerlukan kompetensi sebagai Psikolog dalam rangka tindakan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan/atau paliatif yang bertujuan untuk pengembangan potensi diri dan peningkatan kesejahteraan psikologis.

Apa itu Standar Layanan? 

Standar Layanan adalah kriteria yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan layanan dan acuan penilaian kualitas layanan untuk mewujudkan Layanan Psikologi secara profesional. 

Apa itu Sertifikat Profesi Psikolog? 

Sertifikat Profesi adalah surat tanda pengakuan pemenuhan kompetensi di bidang Psikologi yang diberikan kepada lulusan pendidikan profesi. 

Apa itu Registrasi? 

Registrasi adalah pencatatan resmi bagi Psikolog yang telah memiliki Sertifikat Profesi. 

 Apa itu Surat Tanda Registras? 

STR adalah bukti tertulis yang diberikan kepada Psikolog yang telah diregistrasi. 

Apa itu Surat lzin Layanan Psikologi? SILP adalah bukti tertulis pemberian kewenangan kepada Psikolog untuk memberikan Layanan Psikologi.

 Apa itu Psikolog? 

Psikolog adalah seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan profesi Psikologi baik di dalam maupun di luar negeri yang diakui secara sah oleh Pemerintah Pusat. 

 Apa itu Klien? 

Klien adalah individu, kelompok atau komunitas, dan/atau lembaga atau organisasi yang menerima Layanan Psikologi. 

 Apa itu Pemerintah Pusat?

Pemerintahan pusat adalah Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan negara Republik Indonesia yang dibantu oleh Wakil Presiden dan menteri sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 Apa itu Pemerintah Daerah?

Pemerintahan Daerah adalah kepala daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah otonom.

Pendidikan psikologi dan layanan psikologi dapat berjalan efektif apabila adanya kerja sama antara masyarakat dengan psikolog di bawah pengawasan pemerintah sesuai undang-undang yang telah ditetapkan dan norma yang berlaku, kerja sama ini dilakukan semata-mata untuk keberlangsungan proses layanan psikologi sesuai kaidah yang telah ditetapkan agar berjalan maksimal

 Sob, yuk jaga mental agar tetap sehat dengan selalu produktif dalam keseharian, karena bacaan, tontonan, pergaulan mempengaruhi pola fikir kita. Jika merasa ada yang kurang beres, kuy jangan sungkan-sungkan konsultasi ke psikolog. Eits, sejak masa pandemi kemarin, pemerintah bekerja sama dengan HIMPSI  dengan membuka layanan free loh, 

Kami dari kelompok 1 Kode Etik

Penulis: Nurani Hati, Dian Susilawati, Lince tafonao, Muhammad syahreza (Mahasiswi Magister Psikologi Universitas Medan Area) (indra.Hasibuan)


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *