Binjai

HEADLINE NEWS

Polri: Peran Polri dan Masyarakat Sangat Dibutuhkan Melawan Black Campaign dan Hoax












MEDAN–DNO -      Jakarta Seminar Kuliah Mahasiswa PTIK Angkatan 75 ini mengambil tema “Peran Polri dan Intansi Terkait Dalam Penanganan Kampanye Hitam (Black Campaign) di Media Sosial Pada Pemilu 2019” yang diadakan di Auditorium PTIK Kamis (6/12/2018)




Acara dibuka oleh Direktur Program Sarjana STIK Brigjen Pol Drs. Budi Siswanto, M.H. dan laporan Ketua Panitia Seminar, Mhs Rendi Johan Prasetya. Seminar juga menghadirkan Keynote Speaker Ketua KPU Arief Budiman.



Adapun Seminar dipandu oleh Moderator, News Anchor Metro TV Silvia Iskandar dengan menghadirkan beberapa Narasumber, Kasatgas Nusantara Irjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si, Kabag Teknis Pengawasan Pemilu Bawaslu Harimurti Wicaksono, Karo Multimedia Div Humas Polri Brigjen Pol Drs. H. Budi Setiawan, MM. dan Guru Besar UI Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si., M.Sc., Ph.D.



Ketua KPU Arief Budiman dalam pidatonya menyatakan kalau pemilih milenial sebanyak 78 juta yang terbiasa sebagai pengguna medsos, maka dari itu harus diatur tentang penggunaan medsos dalam kampanye. Medsols dapat menjadi alat untuk memanaskan suhu politik dan juga bisa mendinginkan suhu politik menjelang pemilu 2019.



Sementara Karo Mulmed Divhumas Polri Brigjen Pol Drs. H. Budi Setiawan, MM, menyatakan bawa peran masyarakat sangat dibutuhkan dlm melawan black campaign dan hoax, media sosial bukan ruang privat tapi ruang publik, pastikan informasi itu benar dan bermanfaat utk umum, jangan terpancing emosi, niat baik belun tentu berahir dengan baik, keburukan bukan untuk disebar dan saring terlebih dahulu sebelum sharing.



Prof. Adrianus Meliala menyatakan kalau paslon yang menggunakan black campaign kemungkinan besar bukan diuntungkan malah bisa jadi akan kalah dalam kontelasi pemilu.



Sementara Harimurti Wicaksono memaparkan tentang indeks kerawanan pemilu sejumlah daerah di Indonesia hasil dari penelitian Bawaslu, dan menyatakan kalau indeks kerawanan pemilu merupakan early warning bagi petugas terkait untuk mengambil tindakan, kewaspadaan dan pencegahan agar pemilu berjalan dengan baik dan sukses.(Red/Indra.hsb)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *