Binjai

HEADLINE NEWS

Guna Mensejahterakan Rakyat, Kodim 0308/Prm Segera Bangun Infrastruktur Jalan dan Jembatan Agar Dapat Dinikmati Masyarakat Umum








DeteksiNusantara. Id / Prm

Pembangunan jembatan plat tiga meter yang menghubungkan dua kecamatan yakni Kec Sungai Garinggi dan Kec Batang Kasan
di Kab Pariaman dan pembukaan jalan sepanjang 3600 meter dan luas 6 meter
dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 yang dilaksanakan Kodim 0308/Pariaman di wilayah Korong Bukik Jariang Nagari Guguak Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dan mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) bidang pertanian.

Dengan hadirnya prajurit TNI dikampung yang sebagian besar hasil penduduk bertani tersebut saat ini benar-benar sangat disyukuri dan berarti oleh masyarakat. Pasalnya, hadirnya personel TNI tersebut telah banyak membuat perubahan dikampung yang mendambakan pembangunan selama ini.

Herman Guswandi (33) selaku Walikorong Gumali Bukik Jariang mengatakan bahwa hadirnya TNI du kampung kami benar-benar berarti dan suatu anugerah bagi masyarakat. Karena tanpa Satgas TMMD Kodim Pariaman kampung kami tetap kekurangan fasilitas infrastruktur. “Hadir TNI belum sebulan jalan, jembatan, mesjid dan mushola semua berubah jadi bagus dan bermanfaat bagi masyarakat, “ungkapnya.

Seperti keberadaan Mesjid Bukik Jariang telah lama berdiri bahkan orangtua paling lama dikampung ini saja tidak ada yang mengetahui kapan berdiri mesjidnya. “Yach keluarga saya saja sudah lama disini, gak tau juga kapan berdiri, bisa saja usia mesjid berdiri telah ratusan tahun, karena yang dituakan disini usianya sudah 90 tahunan mengatakan sejak dia lahir sudah ada berdiri mesjid, “ungkapnya kepada Tim wartawan Online Kodam I/BB saat meninjau lokasi TMMD Kodim Pariaman, Minggu (10/03/2019)

Lanjut dikatakannya bahwa hadirnya TNI ke kampung ini membangun beberapa infrastruktur dan fasilitas sangat kami syukuri, mungkin saja kalau TNI (Satgas) tidak hadir entah kapan lagi kampung kami maju. “Sekarang kami punya mesjid ada MCJ, jalan bagus, jembatan bagus, mushola dan lainnya. Semua ini berkat pak Dandim Heri yang peduli kepada warga kampumg disini, “jelasnya

Saat ini, kata dia warga kampung sudah bisa menjual hasil kelapa dengan harga tinggi karena jalan sudah bagus. Sebelumnya kata dia, harga kelapa hanya Rp 250 rupiah (perbiji), sekarang sudah naik jadi 850-1.250 (perbijinya). “Intinya ada TMMD tingkat perekonomian masyarakat meningkat drastis dan masyarakat sangat bangga dengan TNI, semoga saja apa yang telah diperbuat Dandim 0308/Prm bersama Satgas dikampung kami ini bermanfaat selamanya dan kami doakan bapak-bapak TNI, khususnya Dandim Pariaman sehat selalu beserta keluarganya dan sukses dalam meniti kariernya, “sebutnya seraya menambahakan semoga Pak Heri Pujiyanto lancar kariernya. Aamin Yra.

Dikatakannya, sebelum ada program TMMD ini, jalan disini tidak bisa dilalui kendaraan, namun sejak Program TMMD digulirkan dan dilaksanakan oleh Kodim 0308/Prm bersama komponen lainnya di Desa ini, warga kami untuk pergi ke tempat bercocok tanam dan menjual hasil pertanian juga memakai kendaraan dan sangat lancar.

“Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada Satgas TMMD Kodim 0308/Prm telah membantu warga kami untuk mewujudkan pembangunan, mudah-mudahan ekonomi warga kami bisa lebih meningkat,” ujar Herman Guswandi yang memiliki tiga anak ini.

Selain itu, lanjutnya, bahwa kegiatan program TMMD ke 104 yang dilaksanakan oleh Kodim 0308/Prm bersama masyarakat dan unsur lain di Desanya baik fisik maupun non fisik yakin akan tercapai seratus persen dan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

“TMMD yang dilaksanakan di wilayah Korong Bukik Jariang Nagari Guguak Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) tersebut saat ini benar-benar sangat disyukuri oleh masyarakat. Pasalnya, hadirnya personel TNI tersebut telah banyak membuat perubahan dikampung yang mendambakan pembangunan infrastruktur tersebut, “ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Muslim (49) penerima rehab rumah tidak kayak huni (RTLH) bahwa hadirnya TNI ke kampung ini membangun beberapa infrastruktur dan fasilitas sangat kami syukuri, mungkin saja kalau TNI (Satgas) tidak hadir entah kapan lagi kampung kami maju. “Sekarang kami punya mesjid ada MCJ, jalan bagus, jembatan bagus, mushola dan lainnya. Semua ini berkat pak Dandim Heri yang peduli kepada warga kampumg disini, “jelas pria yang pernah sekolah di SMPN 11 Serdang Medan ini.

Dijelaskannya bahwa dirinya juga sangat berterima kasih kepada TNI (Kodim) yang telah merehab rumahnya hingga bagus. “Saya sangat bersyukur dan terima kasih kepada TNI karena berkat mereka rumah saya yang dulunya gubuk akan menjadi semi permanen bagus. Mudah-mudahan amal kebaikan bapak Dandim Pariaman dibalas dengan kebaikan dan kami sekeluarga mendoakan bapak Dandim biar lancar meniti kariernya bersama personel Satgas TMMD, “ucapnya.

Pria yang sudah 49 tahun menetap di Nagari Guguak Kuranji Hilir ini menambahkan bahwa jalan menuju rumahnya juga sudah bagus ada jembatan plat dan saat ini sudah bisa dilalui kendaraan rida dua dan empat.

“Sebelum TNI membangun jalan, warga melintas dijalan setapak dan melalui pinggir sungai saja sehingga sulit menjual hasil pertanian.Sekarang akses jalan semakin bagus sehingag dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disini,”sebut pria yang dulunya bercita-cita jadi TNI ini. (Indra. Hsb)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *