Binjai

HEADLINE NEWS

KODIM 0308/PARIAMAN SOSIALISASI TENTANG PERTANIAN DAN PETERNAKAN.








DeteksiNusantara. Id  /

Kodim 0308 Pariaman menggadakan tentang Penyuluhan maupun sosialisasi tentang ujung tombak dalam membangun pertanian dan peternakan, serta aspek-aspek yang penting lainnya yang berkaitan dengan sistem produksi ternak Sapi di Korong bukik jariang Nagari guguak kuranji hilir sasaran TMMD ke 104 Kodim 0308 Pasaman, Kecamatan Sungai limau Kabupaten Pariaman.Rabu(20/3/19)


Dalam Penyuluh tersebut menjelaskan kajian tentang manajemen bagiamana cara ya kita pemeliharaan ternak khususnya sapi melalui teknologi pakan dan pengelolaan limbah sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan endingnya dalam kesejahteraan keluarga peternak. “Model kandang panggung sangat efektif karena kotoran yang dikeluarkan akan langsung jatuh sehingga peliharaan akan terjaga kebersihan dan kesehatannya.dan Selanjutnya kotoran dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman pangan,dan petani di sini jadi hemat pupuk, karena pupuk kandang sangat baik bagi tumbuhan budidaya.,” terang Amrizal, AMd (50) dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Pariaman.


Peran penyuluh sebagai fasilitator dan motivator bisa berkelanjutan dalam membangun kelembagaan yang kokoh dan dari segi produksi dapat memperkenalkan teknologi produksi dan terbaru sehingga mendongkrak produksi,dan sementara dari segi pemasaran memberikan informasi tentang kondisi, harga dan kebutuhan pasar sehingga petani dapat terhindar dari kerugian. Pasalnya, peternakan merupakan bagian dari pertanian yang memiliki peluang besar menopang perekonomian nasional dalam mendukung program pemerintah swasembada daging.


Dalam kesempatan itu juga Pasi Ter Kodim 0308/Pariaman Kapten lnf Syamsuarno juga Mengharapkan kelompok dapat memelihara ternak tersebut dengan baik sehingga kelak dapat berkembang biak dengan lancar. Sebagai system monitoring, nantinya kelompok diwajibkan membuat laporan dan bulanan tentang perkembangan ternak di kelompoknya.


Laporan akan diadakan triwulan, untuk memastikan perkembangan ternak. Diharapkan pula masyarakat dengan adanya sosialisasi dari dinas, bisa mengikuti teknisnya dengan benar dan baik.


Misalnya cara pemberian pakan harus memenuhi standar pakan dan kandang, sehingga kwalitas pemeliharaan tercapai dan reproduksi sukses.
Ujar Syamsuarno.


TMMD KE 104 ini menghadirkan kegiatan non fisik ini dengan merangkul dinas tersebut memberikan materi tentang cara merawat sapi yang baik serta memberi pakan yang benar,dan sehingga petani peternak di Korong bukik jariang  dapat memiliki tabungan yang sewaktu-waktu dapat dijual guna membiayai pendidikan anak maupun keperluan lainya. Selain itu juga Dr hewan Rizky kurniawan menyempatkan juga memberi suntik vaksin Seftisema epizotika pada ternak sapi masyarakat dilokasi sosialisasi berjalan lancar.(Indra. Hsb)



Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *