Binjai

HEADLINE NEWS

Puluhan Tahun Tak Miliki MCK, Datang TNI, Mesjid Bukik Jariang Dipercantik, Umat Islam Nyaman Beribadah











DeteksiNusantara. Id  / Prm

Mesjid sebagai tempat ibadah berjamaah umat Muslim sudah selayaknya lengkap dengan fasilitas didalamnya. Hal ini agar membuat nyaman umat Islam untuk beribadah. Seperti di Mesjid Bukik Jariang, selama puluhan tahun tidak memiliki MCK yang layak, kini sudah memilikinya berkat kehadiran prajurit TNI tiga matra dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 104 Kodim 0308/Pariaman.

TMMD yang dilaksanakan di wilayah Korong Bukik Jariang Nagari Guguak Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) tersebut saat ini benar-benar sangat disyukuri oleh masyarakat. Pasalnya, hadirnya personel TNI tersebut telah banyak membuat perubahan dikampung yang mendambakan pembangunan infrastruktur tersebut.

Seperti keberadaan Mesjid Bukik Jariang yang sudah berpuluh tahun berdiri ternyata selama ini tidak memiliki tempat wudhu atau pun MCK yang layak. Mereka, masyarakat sebelum TNI hadir mengambil air wudhu dari aliran sungai. Namun kini masyarakat senang karena TNI (Satgas) TMMD Kodim 0308/Prm telah membuat MCK dan tempat wudhu yang layak dari sumur bor.

Herman Guswandi (33) selaku Walikorong Gumali Bukik Jariang mengatakan bahwa Mesjid Bukik Jariang ini telah lama berdiri bahkan orangtua paling lama dikampung ini saja tidak ada yang mengetahui kapan berdiri mesjidnya. “Yach keluarga saya saja sudah lama disini, gak tau juga kapan berdiri, bisa saja usia mesjid berdiri telah ratusan tahun, karena yang dituakan disini usianya sudah 90 tahunan mengatakan sejak dia lahir sudah ada berdiri mesjid, “ungkapnya kepada Tim wartawan Online Kodam I/BB saat meninjau lokasi TMMD Kodim Pariaman, Minggu (10/03/2019)

Lanjut dikatakannya bahwa hadirnya TNI ke kampung ini membangun beberapa infrastruktur dan fasilitas sangat kami syukuri, mungkin saja jalau TNI (Satgas) tidak hadir entah kapan lagi kampung kami maju. “Sekarang kami punya mesjid ada MCK, jalan bagus, jembatan bagus, mushola dan lainnya. Semua ini berkat pak Dandim Heri Pujiyanto yang peduli kepada warga kampumg disini, “jelasnya

Saat ini, warga kampung sudah bisa menjual hasil kelapa dengan harga tinggi karena jalan sudah bagus. Sebelumnya kata dia, harga kelapa hanya Rp 250 rupiah (perbiji), sekarang sudah naik jadi 850-1.250 (perbijinya). “Intinya ada TMMD tingkat perekonomian masyarakat meningkat drastis dan masyarakat sangat bangga dengan TNI, semoga saja apa yang telah diperbuat Dandim 0308/Prm bersama Satgas dikampung kami ini bermanfaat selamanya dan kami doakan baoak-bapak TNI, khususnya Dandim Pariaman sehat selalu beserta keluarganya dan sukses dalam meniti kariernya, “sebutnya seraya menambahakan semoga Pak Heri Pujiyanto lancar kariernya. Aamin Yra. (Indra. Hsb)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *