Binjai

HEADLINE NEWS

DALAM RANGKA PERINGATAN HUT KE 69 KODAM I/BB ,PRAJURIT LAKSANAKAN KARYA BAKTI TNI PEMBERSIHAN SUNGAI BABURA









Peringati HUT ke 69 Kodam I/BB laksanakan Bakti TNI pembersihan Sungai Babura, Jumat (26/4/2019) pagi. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk membersihkan sungai dari sampah maupun semak belukar.

Di samping itu juga pembersihan diikuti dengan pengerukan untuk mengatasi pendangkalan yang terjadi. Dengan pembersihan yang dilakukan tersebut, Sungai Babura diharapkan dapat mengalir dengan lancar kembali sehingga tidak meluap saat hujan deras seperti yang selama ini terjadi.

Pembersihan sungai juga melibatkan Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, dan masyarakat yang berada di kecamatan yang dilintasi Sungai Babura yakni Kecamatan Medan Baru, Medan Polonia dan Medan Petisah serta didukung penuh personel TNI Yang terdiri dari Babinsa Koramil 05/MB 15 orang, Armed 35 orang, BWS 10 orang, Kepling 10 orang.

Guna mendukung kelancaran pembersihan tersebut, Dinas PU menurunkan 2 unit alat berat jenis long amp dan backhoe loader beserta truk 2 unit. Di samping itu pembersihan juga menggunakan peralatan manual seperti cangkul, penggaruk maupun parang.

Sebelum pembersihan dimulai, Danramil 05/MB lebih dulu memimpin apel. Di hadapan seluruh peserta yang akan melakukan pembersihan, Danramil lebih dahulu menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Masyarakat dan BWS Sumatera II yang terus mendukung dan mendorong dilakukannya pembersihan Sungai Babura.

“Sampai kepada masyarakat bahwa tujuan pembersihan yang kita lakukan ini semata-mata untuk menyelamatkan wilayah dan masyarakat kita (warga). Tidak ada satu pun keinginan kita untuk merugikan orang- perorang, Jadi tujuan tahapan pertama permbersihan sungai yang kita lakukan ini untuk menurunkan permukaan air,” ungkapnya.

Di bawah petunjuk teknis Danramil 05/MB, pembersihan Sungai Babura pun dimulai. Dua unit long amp milik DinasPU pun langsung membersihkan kawasan bantaran sungai. Setelah itu dilanjutkan dengan mengeruk sungai yang mengalami pendangkalan. Bersamaan itu petugas P3SU yang berasal dari 3 kecamatan langsung memasuki sungai untuk membersihkan sampah maupun gundukan yang ada di tengah sungai.

Pembersihan ini disaksikan warga sekitar, mereka sangat mengapresiasi dan mendukung penuh dilakukannya pembersihan. Sebab, mereka sudah bosan menjadi langganan banjir setiap kali Sungai Babura meluap. Selain merusak peralatan rumah tangga, luapan air juga menghentikan aktifitas warga.Pembersihan dan pengerukan berjalan dengan lancar, bantaran sungai yang sebelumnya dipenuhi semak kini telah bersih. Begitu pula dengan sampah dan gundukan yang ada di tengah sungai, berhasil dibersihkan sehingga air terlihat mengalir dengan lancar. Di samping itu rimbun bambu yang saat air sungai meluap menghambat kelancaran aliran air pun dibersihkan.

“Pembersihan ini akan terus kita lakukan hingga pertemuan Sungai Babura dan Sungai Deli. Apapun yang menjadi kendala dalam pembersihan yang dilakukan akan kita hadapi bersama, sebab inti tujuan pembersihan yang kita lakukan ini untuk menyelamatkan warga dari banjir.(Indra. Hsb)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *