Binjai

HEADLINE NEWS

PUSAT KESEHATAN TNI AD GELAR SURVEI KASUS HIV/AIDS, STD DAN HBSAG DI JAJARAN PRAJURIT KOREM 023/KS










DNO  /               Sibolga Pusat Kesehatan TNI Angkatan Darat menggelar survei kasus HIV/Aids, STD dan HBSAG kepada ratusan Prajurit Korem 023/KS dan jajaran di Aula Gupala Makorem 023/KS Jalan Datuk Itam Kota Sibolga, Selasa (19/02/2019).
Kegiatan ini diikuti ratusan personel prajurit yang berasal dari Korem 023/KS, Satuan Dinas Jawatan dan Kodim 0211/TT.
Survei yang dipimpin Letkol Ckm Anggiat Sahat didukung satuan Denkesyah Sibolga melakukan berbagai pemeriksaan terhadap Prajurit dan PNS seperti pemeriksaan tensi dan darah untuk melihat secara langsung gelaja HIV/Aids, STD dan HBSAG.
Kasrem 023/KS Letnan Kolonel Inf. I Gusti Ketut Artasuyasa, mewakili Danrem 023/KS Kolonel Inf  Tri Saktiyono mengatakan, selamat datang ke wilayah Korem Kawal Samudera  kepada rombongan tim survei. 
Kasrem juga menjelaskan bahwa "survei ini dimaksudkan untuk mengantisipasi penularan kasus HIV/Aids, STD dan HBSAG di kalangan prajurit TNI AD," kata Kasrem.

Kasrem menegaskan, "Belakangan ini kita sering sekali mendengar kata HIV/AIDS, STD dan HBSAG,  namun mungkin sebagian besar dari kita tidak memahami apa itu HIV/AIDS, STD dan HBSAG,." Jelas Letnan Kolonel Inf. I Gusti Ketut Artasuyasa.
Sementara Ketua Tim Survei Letkol Ckm Anggiat Sahat menjelaskan,   Penyakit menular seksual adalah penyakit yang menyerang manusia dan binatang melalui transmisi hubungan seksual, seks oral, dan seks anal. Istilah penyakit menular seksual semakin banyak digunakan, karena memiliki cakupan pada orang yang mungkin tjj#erinfeksi dan menginfeksi orang lain dengan tanda-tanda kemunculan penyakit. Penyakit menular seksual juga dapat ditularkan melalui jarum suntik, kelahiran, dan menyusui. Infeksi penyakit menular seksual telah diketahui selama ratusan tahun lamanya.
" HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah sejenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan dapat menimbulkan AIDS sedangkan STD (Sexually Transmitted Diseases) merupakan salah satu penyakit menular yang bisa menulari banyak orang disebabkan oleh bakteri, parasit, virus, jamur dan lainnya," ," jelas Ketua Tim Survei.
Sedangkan HBSAG (Hepatitis B Surface Antigen), lanjut kata Ketua Tim Survei Letkol Ckm Anggiat Sahat, merupakan  antigen permukaan virus hepatitis B yang merupakan hepatitis B adalah infeksi hati serius yang disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB).
Menurutnya, Penyebab keempat penyakit ini hampir sama, dan cara penularannya juga hampir sama yakni melalui cairan yang ada pada tubuh manusia seperti darah, cairan sperma, cairan vagina, air liur dan air susu ibu.
" Agar para prajurit lebih mawas diri dan hati-hati dalam pergaulan sehari-hari diluar rumah dan markas, sehingga dapat terhindar dari keempat jenis penyakit tersebut," tegas Ketua Tim Survei. (Penrem 023)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *