Binjai

HEADLINE NEWS

Kodam I/BB Siap Sukseskan Kunjungan Presiden ke Sumut


   




DeteksiNusantara. Id  /

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah diwakili Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos menegaskan, seluruh jajaran Kodam I/BB bersama instansi terkait siap untuk menyukseskan sekaligus mengamankan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dan rombongan di wilayah Provinsi Sumatera Utara.


Hal ini disampaikan Kapendam I/BB di Markas Kodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (14/3/2019), menyusul rencana kedatangan Kepala Negara ke sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara.


Kapendam I/BB menerangkan, keselamatan Presiden di wilayah Sumatera Utara adalah kehormatan dan martabat bangsa. Selain itu, keamanan dan kenyamanan Presiden adalah bentuk wibawa pemerintah.


"Pengamanan VVIP (Presiden) bertujuan untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi serta menjamin keamanan wilayah yang dikunjungi oleh VVIP setiap saat di manapun berada. Ancaman terhadap VVIP bukan hanya merupakan ancaman terhadap keselamatan dan keamanan VVIP saja, namun juga ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan Negara, martabat serta kewibawaan Pemerintah," jelas Kapendam I/BB.


Oleh karena itu, lanjut Kapendam I/BB, untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman tersebut, TNI bersama institusi terkait perlu menyelenggarakan operasi pengamanan secara terpadu guna mengantisipasi ancaman gangguan keamanan dan kontijensi yang diprediksi dapat terjadi seiring perkembangan teknologi dari waktu ke waktu yang semakin kompleks dan dinamis.


"Dari beberapa kali kunjungan Presiden ke wilayah Sumatera Utara, Pangdam I/BB selaku Pangkoops Pam VVIP selalu menekankan pelaksanaan operasi pengamanan lebih ditingkatkan kepada aspek koordinasi dan kerja sama, baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga antisipasi setiap perkembangan situasi di lapangan maupun dari pihak tertentu yang ingin mengganggu kelancaran, ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan kunjungan Presiden, dapat dicegah secara dini," jelas Kapendam.

Pangdam I/BB, lanjut Kapendam, juga menekankan bahwa Pam VVIP harus berhasil dan tidak ada kata "ulangi" serta jangan dianggap sebagai rutinitas, sehingga mengabaikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Pangdam I/BB berharap para Dansatgaspam dan Subsatgaspam mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal, serta mampu dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan. (Sumber: Pendam I/BB)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *