Binjai

HEADLINE NEWS

Danrem 032/Wbr : Penanaman Padi Sebagai Bentuk Dukungan TNI Terhadap Program Ketahanan Pangan










DeteksiNusantara. Id  /
Penanaman padi merupakan Program Ketahanan Pangan sebagai bentuk dukungan TNI terhadap Pemerintah Pusat untuk mencapai swasembada pangan, yang mana diharapkan agar program ini dapat mencapai hasil yang maksimal nantinya.



Demikian disampaikan Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo,S. IP,saat melaksanakan tanam padi perdana jenis Black Madras menggunakan Bios 44,Jum’at (05/04/2019) di areal Demplot sawah Kodim 0308/Pariaman seluas 1 Hektar di Korong Kasai Desa Tong Blau Nagari Kasang,Kec, Batang Anai, Kab Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Tanam padi ini juga dihadiri pihak Dinas Pertanian Kab,Padang Pariaman serta PPL Kecamatan Batang Anai dan seluruh anggota Koramil 09/Batang Anai

Danrem berharap dengan ditanamnya padi jenis Black Madras yang di kombinasikan penanamannya dengan Dekomposer Bios-44 itu bisa berhasil dan panen dengan hasil yang memuaskan dan masyarakat di daerah lain bisa mengikuti jejak yang telah dilakukan ini.

“Kelebihan benih padi Black Madras dibanding benih padi biasa adalah kandungan zat amilase yang rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Karena itulah varietas padi ini sering disebut dengan padi diabet. Tanaman ini juga tidak mudah terserang hama dan penyakit karena serangga tidak tertarik melihat warna daunnya yang berbeda dengan tanaman padi biasa, “ungkap Danrem.

Hal senada juga disampaikan,Komandan Kodim 0308/Pariaman Letnan Kolonel Arm Heri Pujiyanto S.Sos,menjelaskan bahwa sesuai dengan program dari Danrem 032/Wirabraja tentang Sosialisasi Bios -44 di wilayah Sumbar sebagai Dekomposer untuk pemulihan kesuburan tanah maka penggunaannya kali ini akan dikombinasikan dengan penanaman padi Black Madras sebagai contoh kepada petani di daerah yang lain nantinya.

“Demplot sawah Kodim ini akan kita tanami Benih Padi Black Madras untuk lahan sawah percontohan bagi masyarakat. Lahan ini dikerjakan oleh personel Kodim sendiri dengan menggunakan Brigade Alsintan yang kita miliki, “sebut Dandim.

Masih diterangkan Dandim,hari ini secara simbolis akan di tanami benih padi Black Madras oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo S.IP, beserta Kepala Dinas Pertanian Kab, Padang Pariaman Yulisman SP serta undangan yang hadir.

“Kegiatan penanaman perdana padi Black Madras di Demplot Pertanian Kodim 0308/Pariaman ini Benih Padi yang kita tanam ini Menggunakan Pupuk Cair Organik BIOS 44 sebagai contoh kepada petani yang lain nantinya.Pupuk Cair Organik Bios 44 tersebut sudah kita coba di berbagai tempat dan hasilnya ada perbedaan yang signifikan dari kualitas dan berat padi, sedangkan untuk bibit kita gunakan jenis bibit yang didatangkan dari dinas Pertanian Provinsi Sumatra Barat, ” ungkap Dandim.

Pada kesempata tersebut Dandim 0308/Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto S. Sos, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh komponen yang telah ikut serta Mensukseskan Acara Penanaman Perdana Padi Black Madras ini.

Sementara itu,Kepala Dinas Pertanian Kab,Padang Pariaman Yulisman, SP, mengatakan sangat mendukung kerjasama program penanaman yang dilaksanakan Kodim 0308/Pariaman.

Menurutnya, cara yang efektif dalam memberdayakan masyarakat petani adalah dengan cara mendorong masyarakat untuk menyadari sektor pertanian adalah sektor yang paling vital bagi masyarakat.

Diakhir kegiatan Ketua Kelompok Tani Indah Sakato, nenyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0308/Pariaman yang telah memberikan bimbingan penggunaan Pupuk Cair Organik BIOS 44 kepada masyarakan khususnya kepada Kelompok Tani Indah Sakato.

“Semoga dengan adanya bimbingan cara menenanam padi dengan pupuk Cair Organik Bios 44 ini hasil panen masyarakan akan meningkat dan melimpah ruah, ” ucapnya.

Kegiatan penanaman perdana Padi Black Madras dengan menggunakan BIOS-44 ini juga dihadiri Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Edi Nurhabad,Para Kasi Rem 032/Wbr serta Danyon 133/YS, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman Yurisman,S.P, M.M yang mewakili Bupati Padang Pariaman, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Taman Siswa Padang Ibu Dr.Ir Jamilah, M.P, Perwakilan Mahasiswa Universitas Taman Siswa Padang, dan para tokoh adat,tokoh pemuda kecamatan Batang Anai.(Indra. Hsb)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *